Membuat Video dengan Bandicam  bersama KKG Pattimura dan PJOK Kecamatan Wuryantoro

Pertemuan Kelompok Kerja Guru kembali diselenggarakan oleh Gugus Pattimura dan PJOK Kecamatan Wuryantoro. KKG virtual ini dilaksanakan pada  Rabu, 31 Maret 2021 pukul 09.00 WIB sampai selesai melalui meeting room Microsoft Teams. KKG juga disiarkan secara langsung melalui akun youtube KKG Patimura. KKG dengan judul Media Pembelajaran Menarik dengan Bandicam (2) ini dihadiri oleh seluruh guru kelas Gugus Pattimura dan guru PJOK Kecamatan Wuryantoro.

Kegiatan ini dipandu oleh Yuni Kartika Sari, Guru PJOK SDN 3 Mlopoharjo selaku host dan Chalys Yudha, guru PJOK SDN 3 Mojopuro selaku moderator. Kegiatan KKG dibuka oleh moderator dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Suradi selaku Pengawas Guru PJOK Kecamatan Wuryantoro membuka kegiatan sekaligus menyampaikan pesan untuk bapak ibu guru. Beliau menghimbau kepada semua guru untuk selalu aktif dalam mengikuti kegiatan kolektif guru dalam rangka mengembangkan kompetensinya. Banyak hal yang diperoleh jika mengikuti Kegiatan Kelompok Kerja Guru salah satunya adalah ilmu semakin update d sesuai dengan perkembangan zaman.

Materi KKG kali ini disampaikan oleh Giri Rahayuningsih (Guru SDN 2 Mlopoharjo) selaku narasumber. Pembuatan video pembelajaran menarik dengan Bandicam (2) merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan sebelumnya narasumber membahas materi Bandicam versi trial/unregistered, Sedangkan pertemuan ini membahas tentang Bandicam versi register. Salah satu perbedaan versi register dengan versi trial adalah tidak ada watermark pada hasil rekaman video dan durasi video lebih dari 10 menit.

Narasumber menjelaskan langkah-langkah pembuatan video Bandicam dengan jelas dan mudah dipahami. Melalui aplikasi Bandicam guru dapat menjelaskan materi pada siswa layaknya di dalam kelas walaupun tanpa ada umpan balik. Guru dapat memberikan penjelasan bagi siswa pada berbagai macam muatan pembelajaran.

Peserta antusias dalam mengikuti pertemuan virtual ini. Narasumber mampu menjawab pertanyaan peserta mengenai pengaturan musik yang ditampilkan pada video Bandica1`m. Video yang sebelumnya telah mengandung musik dapat dikecilkan volume layarnya saat guru sedang menjelaskan. Berkaitan dengan ukuran file yang dikirimkan pada siswa sebaiknya dikompres terlebih dulu dengan Hanbrake agar mudah diunduh oleh siswa.

Penggunaan media pembelajaran dengan Bandicam sangat membantu siswa maupun guru dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh dengan mudah. Guru dapat menjelaskan materi. Siswapun lebih antusias karena dalam video tersebut menampilkan Bapak/Ibu guru.

Kegiatan KKG virtual berjalan dengan lancar. Kami akan terus meningkatkan kegiatan ini menjadi lebih baik agar guru dapat belajar bersama dalam mengembangkan kompetensinya.