Materi Penilaian Dalam PJJ Warnai KKG Gugus AHMAD YANI

Dalam rangka melaksanakan agenda rutinnya, KKG Gugus Ahmad Yani menyelenggarakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dalam mempersiapkan penilaian dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Acara yang diselenggarakan secara daring dengan Microsoft Teams ini terselenggara Sabtu, 27 Maret 2021. Kegiatan ini Berjalan lancar dengan mendapat sambutan yang baik dari para anggota KKG Gugus Ahmad Yani.

Dalam acara tersebut, Amrih Mulat  Selaku Ketua Gugus Ahmad Yani membuka acara dan memberikan informasi mengenai Kegiatan KKG Gugus Ahmad Yani yang akan diselenggarakan sebanyak 5 paket, dimana setiap paket akan diadakan maksimal sebanyak 3  pertemuan, sehingga total keseluruhan kegiatan KKG Gugus Ahmad Yani adalah 15 paket. Beberapa kegiatan KKG sudah dilaksanakan secara bersama-sama sekaligus pembukaan baik secara daring maupun luring dengan Gugus KKG yang lain di Kecamatan Jatiroto. Selain materi Penilaian dalam PJJ masih ada 3 paket lain, yaitu materi video pembelajaran, pemanfaatan office 365 one drive, dan pemanfaatan google formulir. Kegiatan KKG ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana guru untuk bertukar pikiran dan menyelesaikan masalah dalam pembelajaran .

Selanjutnya, Hendriyawati sebagai narasumber dalam kegiatan KKG ini menyampaikan materi terkait penilaian dalam PJJ. Penilaian dilaksanakan melalui proses Perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dalam penggunaan aplikasi e.rapor sebaiknya guru sudah menyiapkan nilai-nilai yang akan diinputkan dalam aplikasi. Kemudian penyampaian materi disampaikan mengenai proses penilaian pada PJJ diantaranya diawali dengan menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menetapkan POS penilaian dan pembentukan Tim Pengembang Penilaian. Materi proses penilaian dalam PJJ ini disampaikan secara rinci dari awal sampai akhir sehingga dapat membantu guru yang masih kesulitan dalam melaksanakan penilaian, diharapkan penilaian dapat dilaksanakan secara urut sesuai alur dari perencanaan sampai pada tindak lanjut. Penilaian yang dilakukan hendaknya sudah sesuai dengan panduan penilaian revisi 2018. Dalam kesempatan ini juga disampaikan mengenai contoh analisis penilaian beserta contoh soal sehingga penjelasan menjadi lebih gamblang.

Dalam sesi tanya jawab, Ani Nur Khamdani menyampaikan pertanyaan terkait proses penilaian. Bagaimana untuk perencanaan penilaian harian yang terdiri dari  KD yang sama di setiap tema apakah tetap dilakukan penilaian.  Hal tersebut dijelaskan bahwa tergantung dari materi apakah sama atau berbeda. Apabila materi berbeda tetap dilakukan penilaian untuk KD tersebut, kemudian nilai dirata-rata untuk mendapatkan nilai penilaian harian.