Mantapkan IKM, MGMP Prakarya dan TIK Subrayon 01 Gelar KKG

MGMP Prakarya dan TIK Subrayon 01 Wonogiri mengadakan KKG Paket 3 In 1 secara daring melalui Zoom Meeting dimulai pukul 09.00 WIB  dengan tema Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka pada Rabu (3/8/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh 69 peserta. Bertugas sebagai host Mahdarul Ulum dari SMP Kanisius Wonogiri dan moderator Bakti Sofyan dari SMPN 1 Wonogiri. Mengawali kegiatan tersebut, host menyapa beberapa perwakilan peserta dari 5 Subrayon untuk mengecek sinyal internet dan apakah suara dapat terdengar dengan jelas. Selanjutnya moderator memulai acara dengan membacakan susunan acara dan membuka acara dengan bacaan Basmalah. Ketua MGMP Prakarya Rayon Wonogiri, Mamik Tri Hastuti dari SMPN 2 Wonogiri, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta atas terselenggaranya kegiatan KKG ini. Beliau juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para guru Prakarya maupun TIK yang telah menerima SK PPPK serta mengapresiasi terhadap eksistensi di Prakarya maupun TIK. Semoga kedepannya Mata Pelajaran Prakarya mendapat perhatian dari pemerintah. Beliau juga mengimbau para guru agar menyamakan persepsi untuk materi di kelas VII yaitu Kerajinan Bahan Lunak. Beliau mengharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta KKG. Setelah KKG paket 3 ini ada kegiatan diklat fungsional yang dapat diikuti oleh seluruh guru Prakarya dan TIK di Wonogiri.

Selanjutnya narasumber Budiyanti dari SMPN 2 Eromoko  mengisi kegiatan inti dengan memaparkan materi Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka yaitu mengenai Capaian Pembelajaran (CP), Perumusan Tujuan Pembelajaran (TP), Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Penyusunan Modul Ajar (MA).  Modul Ajar harus melampirkan LKPD, rubrik penilaian, kunci jawaban, materi, glosarium, daftar pustaka, dan tanda tangan. Harus ada kesinambungan materi Prakarya, jika kelas VII mengambil mapel Prakarya maka untuk kelas VIII dan IX juga harus Prakarya. Guru bisa memilih atau membuat sendiri Modul Ajar yang disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing. Dalam membuat Modul Ajar harus ada diferensiasi materi, diferensisasi proses, dan diferensisasi produk. Narasumber juga menyampaikan struktur kurikulum merdeka yang terdiri dari intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta cara penyusunan tujuan pembelajaran yang harus memenuhi kompetensi, konten, dan variasi. Komponen Inti berisi Tujuan Pembelajaran, Pemahaman Bermakna, Pertanyaan Pemantik, Kegiatan Pembelajaran, dan Asesmen. Setiap satu tujuan ada satu penilaian. Pemaparan materi diberikan oleh narasumber dengan cukup detail dan mudah dipahami oleh peserta KKG.

Saat sesi tanya jawab terdapat beberapa pertanyaan dari peserta KKG, diantaranya tentang guru Prakarya mengampu Informatika apakah bisa linier dengan Prakarya, tentang asesmen dan merumuskan tujuan pembelajaran, dan tentang penyamaan materi kelas VII. Narasumber menjawab pertanyan-pertanyaan tersebut dengan sangat jelas dan rinci sehingga dapat dipahami peserta. Sebagai closing statement, narasumber menyampaikan bahwa sebagai guru harus terus bergerak dan belajar jangan sampai kita tertinggal dari peserta didik. Kemudian pada akhir kegiatan Bakti Sofyan selaku moderator menyampaikan bahwa para peserta kegiatan agar membuat ATP dan dipresentasikan pada kegiatan In 2 dan berharap agar kegiatan KKG ini bermanfaat bagi semua guru Prakarya dan TIK di Kabupaten Wonogiri.