Mahir Penilaian Digital Melalui Pelatihan Teknis E-Rapor FKKG Kecamatan Jatipurno

Menghilangkan kesan momok yang menakutkan pada penggunaan aplikasi e-rapor yang sedang booming sekarang ini, memotivasi FKKG Kecamatan Jatipurno tertantang untuk melatih semua guru mahir dalam pengisian aplikasi e-rapor. Sejatinya e-rapor ini merupakan aplikasi berbasis web yang diharapkan mengubah pola kerja guru dari manual ke pola digital. Aplikasi ini mampu membantu mempermudah kinerja guru dalam pengolahan nilai  peserta didik sehingga meningkatkan mutu pendidikan di era digitalisasi sekarang ini.

FKKG Kecamatan Jatipurno mengadakan kegiatan KKG Virtual melalui Video Conference melalui aplikasi Microsoft Teams Office 365 pada  Kamis, 18 Maret 2021. Kegiatan ini didukung oleh semua pihak di Kecamatan Jatipurno, baik dari pengurus KKKS, pengurus KKG dan seluruh pendidik antusias dalam mengikuti KKG ini. Kegiatan di mulai pukul 08.00-11.00 WIB berperan sebagai host Bapak Yuli Hananto, sedangka moderator  Ibu Titik Rahayu.

Pengawas TK dan SD Jatipurno Ibu Titin Madyanti menyampaikan agar semua lapisan guru baik yang muda maupun yang tua agar terbuka dan mau mengejar perubahan teknologi ini. Mengingat pentingnya rapor yang merupakan dokumen penghubung antara pihak sekolah dengan wali murid terkait perkembangan hasil belajar siswa. Pada kesempatan ini juga disampaikan tentang petunjuk teknis ujian sekolah dan penilaian akhir tahun. Pembelajaran yang berjalan dengan sistem PJJ ini memberi tantangan tersendiri bagi guru untuk memberikan penilaian terhadap peserta didik. Diharapkan dengan adanya pelatihan e-rapor ini mampu mengubah  penilaian guru dari sistem manual ke digital yang sesuai dengan anjuran Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri. Sehingga mulai semester 2 ini sudah siap menggunakan aplikasi e-rapor.

Dilanjutkan materi dari narasumber yang ahli di bidang e-rapor yaitu bapak Restu Febrianto guru dari SD Negeri Gendungan Kecamatan Jatipurno yang secara telaten dan sabar membimbing bapak dan ibu guru untuk mengenal, memahami dan mempraktikkan aplikasi e-rapor.

Aplikasi e-rapor terintegrasi dengan aplikasi dapodik yang ada di Kemdikbud. Tahapan log-in dalam e-rapor terbagi atas 3 akun yaitu log-in sebagai operator, guru, dan wali kelas. Pada kesempatan sebelumya telah dilaksanakan pelatihan untuk operator sehingga diharapkan mampu menjadi tutor rekan sebaya di sekolah masing-masing.

Penggunaan E-rapor dapat dilakukan semi online, dimana awal log-in tetap dillakukan berdampingan dengan operator untuk mengenal pemetaan KI dan KD, serta membuat perencanaan penilaian pada aspek pengetahuan, sikap, spririual, maupun sosial.

Dilanjutkan dengan melakukan input nilai secara masal langsung ke aplikasi melalui cara download form excel nilai masing-masing aspek. Sehingga dapat dilanjutkan penginputan nilai di luar jangkauan jaringan operator. Selanjutnya apabila sudah selesai dapat kembali ke jaringan operator untuk import nilai yang sudah terisi agar terinput di aplikasi e-rapor. Disarankan oleh narasumber agar laptop yang digunakan memiliki Office 2010 supaya mendukung kelancaran penggunaan e-rapor.

Materi dijelaskan dengan rinci dan jelas oleh pemateri. Kegiatan diskusi dan tanya jawab juga dibuka untuk para peserta yang mengalami kesulitan. Dalam kegiatan ini banyak guru yang berpartisipasi dalam diskusi dan tanya jawab menunjukkan peserta sangat antusias dengan materi yang berikan.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah sehingga mampu mengembangkan kemampuan teknologi dalam pendidikan khususnya dalam penggunaan aplikasi e-rapor yang mendukung kemajuan pendidikan.