Lokakarya 6 Pendidikan Guru Penggerak Kabupaten Wonogiri

Sabtu, 18 Juni 2022 kembali menjadi moment bersejarah bagi 102 Calon Guru Penggerak Angkatan 4 dan 20 Pengajar Praktik Kabupaten Wonogiri. Bertempat di SMA Negeri 3 Kabupaten Wonogiri, Lokakarya 6 digelar secara luring oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi D.I. Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah. Adapun agenda Pendampingan Individu CGP telah dilaksanakan di setiap satuan pendidikan oleh masing-masing PP.  

Terbagi menjadi 7 kelas, dengan setiap kelas di ikuti oleh 3 kelompok CGP dari 3 PP acara di mulai tepat pukul 08.00 WIB. Dalam setiap kegiatan lokakarya terdapat tema yang berbeda menyesuaikan modul di LMS yang telah dipelajari, sehingga tema kali ini mengenai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dimulai dengan berdoa, menyanyikan lagu kebangsaan dan mars Guru Penggerak kegiatan dilanjutkan dengan membuat kesepakatan kelas dan ice breaking untuk mencairkan suasana dan menambah keakraban antar CGP. 

Sesi pertama merupakan sebuah pemanasan dimana CGP diminta untuksaling bertukar cerita secara berpasangan mengenai kekuatan sumber daya di satuan pendidikan masing-masing. Dilanjutkan dengan sesi kolaborasi untuk membuat program kegiatan pembelajaran yang berdampak bagi murid secara bersama-sama. Diskusi tentunya merupakan sesi yang selalu ada dalam setiap lokakarya. Hal ini sangat penting dan relevan dengan tugas CGP sebagai agen perubahan di satuan pendidikan masing-masing. Karena dikemas dengan menyenangkan oleh PP kegiatan lokakarya yang begitu padat dan berlangsung sehari penuh tidak terasa berat. Bahkan lokakarya merupakan kegiatan yang paling ditunggu dalam program Pendidikan Guru Penggerak. 

Kegiatan lokakarya ditutup dengan refleksi dimana masing-masing CGP menyampaikan apa yang dipelajari hari ini sebagai penguatan ketercapaian tujuan pembelajaran. Untuk selanjutnya kegiatan ditutup dengan doa dan foto bersama.