Lima Tim Sepak Bola Berlaga di GSI Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Wonogiri

Dalam rangka meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cabang olahraga sepak bola, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri bekerjasama dengan MGMP PJOK SMP Rayon Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Gala Siswa Indonesia (GSI) pada Kamis, 20 Juni 2024 bertempat di Lapangan Ngasinan, Wonoharjo, Wonogiri. Kegiatan ini merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, setelah adaptasi terobosan pelaksanaan GSI di masa pandemi 3 tahun lalu, maka kembali melakukan ajang talenta di bidang sepak bola untuk jenjang SMP atau yang sederajat secara luring.

Dengan mengangkat tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Sepak Bola Menginspirasi”. GSI jenjang SMP Tingkat Kabupaten Tahun 2024 diikuti oleh 5 tim yang terdiri dari perwakilan 5 Sub Rayon. Masing-masing Sub Rayon mengirimkan peserta didik yang memang berbakat atau sudah dilatih pada bidang sepak bola. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Dalam pembukaannya, Sriyanto menyampaikan harapan untuk lahirnya atlet nasional dari Wonogiri. “Tetap jaga sportivitas, olahraga tanpa sportivitas itu bukan apa-apa. Sudah saatnya menerima kekalahan, dan juga sudah saatnya meminang kemenangan” imbuhnya. Pemenang akan diumumkan pada hari yang sama dengan pertandingan. Jadikan kegiatan ini sebagai salah satu ajang untuk membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045.