Launching Wayang Pendidikan SDN 1 Gondang Berlangsung Meriah

Rangkaian acara memperingati hari jadi wonogiri ke -281 siswa -siswi SDN 1 Gondang puncaknya ditandai Launching wayang pendidikan. Kegiatan berlangsung meriah pada Selasa 24 Mei 2022 di halaman sekolah. Ada 3 kegiatan yang dilangsungkan hari itu sehingga suasana tampak ramai dan semarak. Kegiatan mewarnai tingkat TK, Market Dday / Bazar, dan launching wayang pendidikan.  

Kegiatan mewarnai tingkat TK diikuti oleh 140 siswa dari TK di Purwantoro, Bulukerto, dan Slogohimo dengan total hadiah 1 Juta Rupiah. Kegiatan dinilai oleh Juri Agus Sudiyono Penilik PNFI, Sri Hartono dan Rebut Iriannto. Kegiatan dimulai pukul 07.30 sampai pukul 09.15. Juara 1 diperoleh Ananda Sidqi dari TK Harum Purwantoro.  

Kegiatan Market Day dilakukan oleh siswa kelas 6 dengan terbentuk 7 kelompok. Kegiatan market day bertujuan menumbuhkan jiwa enterpreneur dan memberikan pengalaman nyata pada siswa dalam berdagang. Ratusan orang berjubel untuk membeli berbagai menu yang ditawarkan. Menurut sebagaian besar siswa dagangannya habis terjual dan mereka sangat senang ada kegiatan market day.  

Launching wayang pendidikan sukses dengan disaksikan sekitar 400 penonton. Wayang pendidikan menurut Sugino sebagai dalang menyebutkan ada 3 tujuan yang hendak diwujudkan. Pertama melestarikan kesenian asli indonesia yang telah tercatat dalam UNESCO sejak 2013. Mengenalkan, mendekatkan dan menjadikan anak-anak sekolah menyukai wayang agar tumbuh nasionalisme budaya bangsa. Ketiga menjadikan wayang sebagai media pembelajaran semua mata pelajaran di sekolah dasar. Wayang dapat digunakan menyampaikan materi Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Maupun Pendidikan kewarganegaraan. Pada pementasan pertama ini mengambil tema peralatan pewayangan sebagaimana materi Bahasa Jawa kelas 4 dan kelas 5.  

Launching wayang ini diiringi oleh musik tretek siswa kelas 4 dan sinden siswi kelas 4 dan 5. Supriyono sebagai inspirator dan pengrajin wayang kardus membimbing dengan telaten selama latihan sehingga semua pementasan dapat berjalan lancar. G.Saino kepala sekolah memberikan ruang kreasi, mendukung penuh kegiatan siswa atau guru yang bisa mengembangkan bakat dan minatnya.