Lancar Tanpa Kendala Kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi Siswa SDN 1 Wonogiri

SDN 1 Wonogiri segera menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri tentang vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan menggelar vaksinasi covid-19 secara massal di aula sekolah pada Jumat (24/12).
Sebelumnya, Yuli Bangun Nursanti selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, melalui surat edaran nomor: 800/9058 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran dan Pengaturan Kerja ASN selama Periode Natal dan Tahun Baru 2022 tertanggal 15 Desember 2021, pada poin 3 mengimbau pihak sekolah menyampaikan kepada orang tua/wali murid dalam pengawasan dan pemantauan putra putrinya agar selalu menerapkan prokes secara ketat dan mengizinkan anaknya yang sudah memenuhi syarat untuk divaksinasi covid-19. Imbauan tersebut disambut baik oleh orang tua yang serta merta datang ke sekolah ketika mendapatkan undangan vaksinasi untuk putra putrinya.
Tepat pukul 13.00 WIB, tenaga medis dari UPTD Puskesmas Wonogiri II sudah siap di lokasi. Selain itu, para guru dan karyawan SD Negeri 1 Wonogiri yang tergabung dalam satgas penanganan covid-19 di tingkat sekolah juga dikerahkan membantu tenaga medis baik dalam penerapan protokol kesehatan, membantu mengondisikan, hingga mendampingi anak-anak ketika mendapatkan suntikan vaksin.
Para siswa yang didampingi orang tuanya tampak antusias, datang ke sekolah dengan tertib sesuai jadwal yang telah ditentukan. Para siswa berjajar rapi di depan ruang aula yang digunakan untuk vaksinasi. Mereka juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi. Pada umumnya anak-anak tampak tegar, tidak merasa takut dan khawatir untuk divaksin. Ratusan anak, satu per satu mendapatkan suntikan vaksin Sinovac tanpa kendala yang berarti. Namun, ada beberapa anak yang harus didampingi oleh guru karena takut saat hendak disuntik di lengannya.

Yuli Bangun Nursanti, Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan didampingi Gino, Kabid Dikdas terjun langsung memantau sejak awal proses pelaksanaan vaksinasi covid-19 hingga berakhir pada pukul 15.30 WIB. Pemantauan juga dilakukan oleh segenap Forkopincam Wonogiri, Satgas Covid-19 Wonogiri, Korwil Bidikcam Wonogiri, serta Pengurus Komite Sekolah. Kepala SDN 1 Wonogiri, Mahmud Yunus mengatakan, bahwa pada hari pertama vaksinasi, tercatat 300 siswa yang telah divaksin dari total 497 anak. Sasaran kick off vaksinasi covid-19 gelombang 1 ini adalah peserta didik kelas III-VI sebanyak 322 anak. Untuk gelombang 2 bagi kelas I-II sebanyak 175 anak akan dilaksanakan pada minggu berikutnya. Seluruh sasaran vaksinasi covid-19 di SDN 1 Wonogiri sebanyak 497 anak diharapkan sudah mendapatkan vaksin.

Yuli Bangun Nursanti menuturkan bahwa, selain di SDN 1 Wonogiri, vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun yang perdana ini juga dilaksanakan di beberapa titik sasaran, yaitu: SDN 1 Wonoboyo Wonogiri, SDN 1 Pule Selogiri, dan SDN 1 Ngadirojo. Keempat sekolah sasaran ini merupakan piloting project vaksinasi covid-19 bagi anak di Wonogiri sebagaimana dicanangkan pemerintah mulai tanggal 24 Desember 2021.
Setyarini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri yang juga memantau secara langsung proses pelaksanaan kick off vaksinasi covid-19 di SDN 1 Wonogiri menginformasikan bahwa vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di Wonogiri akan digelar pekan ini dengan sasaran sebanyak 83.364 anak. Sesuai instruksi Bupati Wonogiri, vaksinasi covid-19 bagi anak langsung digeber dan mekanismenya seperti pelaksanaan Program Bias (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).