Kupas Tuntas Perangkat PJJ di KKG Menur Wonogiri

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Menur Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri melaksanakan KKG pertama secara daring menggunakan Microsoft Teams dengan fokus materi tentang Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada hari Senin, 15 Februari 2021. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Denik Nugraheni, S.Pd yang bertugas sebagai host mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta dan menyampaikan tata tertib bagi peserta selama bergabung dalam Microsoft Teams. Selanjutnya, Agina Fitri Pratiwi, S.Pd., SD. bertugas sebagai moderator.

Memasuki acara inti, Sukatmi, S.Pd., M.Pd. yang bertugas sebagai narasumber mendiseminasikan materi tentang Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh. Masa pandemi tidak menyurutkan kegiatan belajar dari rumah yang bermakna bagi siswa, memfokuskan pendidikan dan kecakapan hidup, memberikan variasi aktivitas, dan memberikan umpan balik yang bersifat kualitatif. Strategi pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, mengacu perkembangan situasi saat ini, dan menjalin kerja sama serta melibatkan semua pihak yang berkepentingan. Sebagai langkah awal perlu melakukan pengumpulan informasi, koordinasi menjalin kesepakatan dengan orang tua, memperkirakan durasi pengerjaan tugas, memastikan semua siswa mendapat materi, dan mempersiapkan berbagai aktivitas dan tugas belajar. Narasumber juga mengajak para peserta agar menerapkan prinsip PJJ yang perlu dilaksanakan oleh guru yaitu tidak membahayakan dan realistis. Peran penting guru antara lain membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi serta melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.

Dalam kesempatan tersebut, narasumber memaparkan secara jelas dan rinci mengenai Perangkat PJJ yang harus dipersiapkan guru, seperti: RPP Daring, Promes, Prota, Perangkat Penilaian, Silabus dan administrasi kelas lainnya yang menunjang KBM. Selain itu, Sukatmi, S.Pd., M.Pd. juga menghimbau peserta agar mengikuti sosialisasi e-raport yang dikoordinasi dari masing-masing gugus. Setelah paparan dari narasumber selesai, Agina Fitri Pratiwi, S.Pd., SD. memandu sesi tanya jawab. Beberapa peserta ada yang mengajukan pertanyaan, memberikan masukkan atau usulan baik yang ditujukan kepada narasumber maupun pengurus KKG.

Pada sesi penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan maupun agenda kegiatan pada pertemuan selanjutnya. Sebelum mengakhiri pertemuan, host mengingatkan kepada para peserta untuk mengisi form Daftar Hadir melalui link yang sudah dibagikan. Selanjutnya, peserta diminta mengaktifkan video untuk foto bersama untuk pendokumentasian kegiatan. Semoga semangat kebersamaan dan kegotongroyongan melalui kegiatan kolektif guru ini semakin meningkat demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Wonogiri.