Kreatif dan Inovatif, KKG Gugus Ahmad Yani Jatiroto Pelajari Kuis Interaktif

Media Pembelajaran yang kreatif dan inovatif  merupakan jenis media pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik masa kini. Peserta didik dituntut untuk mampu berpikir analitis dan kolaboratif. Para pendidik juga harus menghadapi perkembangan teknologi yang berubah dengan sangat cepat. Dalam mewujudkan hal tersebut, pendidik dituntut untuk meningkatkan profesionalismenya melalui pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG). Salah satu tujuan dari pertemuan KKG ini adalah pembuatan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. KKG Gugus Ahmad Yani Jatiroto mengadakan kegiatan kolektif secara luring pada Sabtu, 19 Maret 2022 pukul 10.00-12.00 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Materi pada pertemuan kali ini adalah “Pembuatan Media Pembelajaran Kuis Interaktif” dengan narasumber Amrih Mulat Arif Asriyanto, yang sekaligus sebagai Ketua KKG Gugus Ahmad Yani Jatiroto.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ketua KKG Gugus Ahmad Yani, Amrih Mulat Arif Asriyanto. Dalam kesempatan ini Ketua KKG memberikan motivasi kepada peserta KKG untuk mengikuti serangkaian kegiatan KKG agar dapat memberikan solusi dalam menghadapi permasalahan pembelajaran. Salah satu yang bisa dilakukan oleh guru adalah membuat media pembelajaran berupa kuis interaktif, kuis interaktif yang dibuat oleh guru hendaknya dapat  memotivasi  siswa aktif dan bersemangat dalam mempelajari materi seperti kuis interaktif online melalui aplikasi Kahoot. “Pembuatan kuis interaktif ini sangat mudah dan dapat dipraktikkan kepada semua peserta didik utamanya untuk peserta didk dikelas tinggi”, ungkap Amrih. Narasumber juga menyampaikan tutorial pembuatan kuis interaktif dengan media online Kahoot ini.  Langkah-langkah dalam pembuatan kuis interaktif Kahoot ini yaitu diantaranya masuk ke situs resmi Kahoot, tekan tombol sign up untuk mendaftarkan, pilih jenis akun, masukkan email dan password kemudian memulai membuat kuis dari awal atau menggunakan template yang sudah tersedia. Peserta KKG mengikuti kegiatan pembuatan media pembelajaran ini dengan antusias menggunakan peralatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Peserta membuat kuis online sesuai dengan kelas masing-masing.

Diakhir kegiatan ini narasumber mengharapkan agar peserta KKG nantinya dapat mengaplikasikan kuis interaktif Kahoot ini dalam pembelajaran di kelas, agar apa yang disampaikan oleh guru sebagai pendidik dapat lebih berkesan bagi peserta didik dan diharapkan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai melalui penggunaan alat dan teknologi yang tersedia saat ini.