Kreasi 01 Wonogiri Sukses Gelar Workshop Nasional Penulisan Artikel Ilmiah Populer

Jumat, 7 Mei 2021, Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 dikenal dengan nama Kreasi 01 Wonogiri kembali menggelar kegiatan Workshop Nasional Penulisan Artikel Ilmiah Pupuler di Media Massa. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan in servis pertama. Workshop ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan langkah pengembangan diri serta kompetensi guru dalam bidang menulis, sekaligus untuk memperoleh penilaian angka kredit sebagai pelaksanaan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Workshop penulisan artikel ilmiah popular ini dilaksanakan secara virtual melalui meeting room Microsoft Teams serta live streaming di chanel youtube Kreasi 01 Wonogiri, mulai pukul 08.00, dipandu host Ernawati guru SMP Negeri 6 Wonogiri dan Hery Susanto guru SMP Negeri 3 Wonogiri. Kegiatan ini diikuti 233 peserta berasal dari Wonogiri maupun luar Wonogiri bahkan luar Jawa. Acara dimulai dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya tiga stanza dilanjutkan dengan Lagu Mars Kreasi 01.

Rahayu Widayanti selaku Ketua Tim Kreatif guru di SMP Negeri 1 Nguntoronadi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, MKKS Sub Rayon 01 dan Pimpinan Harian Umum Jawa Pos Radar Solo. Beliau berharap agar sebagai pendidik harus selalu bergerak dan berkembang mengasah kemampuan demi kemajuan pendidikan dan sekaligus melalui kegiatan Pemgembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bisa memperoleh angka kredit sebagai persyaratan kenaikan pangkat.

Sambutan kedua oleh Eko Sutantyo selaku ketua MMKS Subrayon 01 yang juga Kepala SMP Negeri 3 Ngadirojo, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kabid PTK dan harian umum Jawa Pos Radar Solo yang berkenan membantu, mendukung, dan memberi kesempatan berkarya melalui penulisan artikel ilmiah popular. Beliau juga menyampaikan kegiatan Workshop Nasional Penulisan Artikel Ilmiah di Media Massa ini tidak hanya semata target untuk mendapat kredit poin. Harapan beliau mampu mengubah target dari sekadar mendapat angka kredit menjadi sumbang pikir untuk kemajuan pendidikan sekaligus menambah wawasan dan pengalaman.

Sambutan ketiga, Retno Puspitorini selaku Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyampaikan bahwa sebagai pendidik perlu untuk meningkatkan kompetensi. Masa Pandemi tidak menyurutkan langkah untuk meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan pelayanan kepada peserta didik. Peningkatan kompetensi literasi perlu ditingkatkan bagi guru. Kemampuan guru dalam konten literasi dalam arti luas menjadi fokus utama dan Tim Kreatif 01 telah mewujudkan dalam kegiatan workshop nasional penulisan artikel ilmiah popular di media massa.

Melalui kegiatan PKB diharapkan dapat berujung pada peningkatan layanan kepada anak didik. Beliau juga berpesan kegiatan workshop ini jangan hanya berhenti dalam peningkatan kompetensi untuk kesejahteraan bagi guru, tetapi semua gerak langkah guru harus meningkatkan pelayanan kepada peserta didik.

Selanjutnya acara diserahkan kepada moderator Sri Nurhasanti, guru SMP Negeri 2 Wonogiri untuk menyampaikan teknis paparan materi oleh narasumber pimpinan redaksi Jawa Pos Radar Solo yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta.

Pimpinan redaksi Jawa Pos Radar Solo, Kabun Triyatno, menyampaikan materi penulisan artikel ilmiah dari sisi media massa. Melalui paparan materi beliau menyampaikan pemahaman tentang bagaimana menulis artikel ilmiah popular. Dalam penulisan artikel ilmiah popular harus menyesuaikan dengan bidang studi yang diajarkan. Terdapat artikel yang tidak lolos dikarenakan cakupan terlalu luas, maka perlu dipedomani dalam penulisan artikel ilmiah popular harus mencermati syarat-syarat penulisan artikel yang memang digunakan untuk pengajuan penilaian angka kredit. Selanjutnya moderator membuka sesi Tanya jawab. Dalam sesi ini peserta sangat antusias dalam diskusi tanya jawab. Sebelum acara diserahkan kepada host, moderator menutup dengan menyampaikan satu kata bijak write what you do, do what you write yang artinya tulislah apa yang kamu lakukan dan lakukan apa yang kamu tulis. Semoga kalimat bijak tersebt memacu semangat para pendidik untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dalam rangka memajukan pendidikan. Di akhir acara host menutup kegiatan tersebut dan dilanjutkan informasi oleh panitia.