Korwilcam Biddik Girimarto Laksanakan Pemantapan IKM

Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Girimarto melaksanakan kegiatan Pemantapan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di aula Wilcam Biddik Girimarto. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yaitu hari Rabu, 24 Agustus 2022 dan Kamis 25 Agustus 2022. Acara hari Rabu diikuti oleh guru kelas 1 dan Guru PAI BP, sedangkan acara hari Kamis bagi guru kelas 4 dan Guru PJOK. Soeharto, pengawas Girimarto dalam sambutannya menegaskan bahwa forum ini untuk penguatan dalam memahami dan menyampaikan kurikulum. Pada era sekarang, kurikulum senantiasa berkembang mengikuti perkembangan zaman. Guru harus mampu membekali siswa dengan kemampuan abad 21. Harapannya anak didik mempunyai kemampuan literasi yaitu bisa berkomunikasi secara tertulis dan lisan.

 

Ada tiga pemateri yang mengisi acara tersebut. Yaitu Yato, Kepala SDN 2 Semagar yang menyampaikan Capaian Pembelajaran, TP, ATP dan Modul Ajar. Sedangkan Sunarto, guru SDN 2 Bubakan menyampaikan materi Dimensi dan Subdimensi Profil Pelajar Pancasila dan Sunardi menyampaikan materi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Sunardi mewacanakan Projek Pelajar Pancasila Kecamatan Girimarto mengambil  tema budaya lokal misalnya terkait upacara adat Bersih Dusun atau Rasulan. Sunardi menjelaskan alur projek dari awal sampai selesai. Ahmadi, guru Mapel PAI BP SDN 2 Sanan selaku peserta kegiatan mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka adalah hal yang baru. Untuk itu Pemahaman yang baik akan berdampak pada pelaksaan yang baik juga sesuai yang diharapkan. Mapel PAI dan BP akan sangat terkait dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila untuk itu kegiatan pemantapan pelaksanaan IKM sangat penting sekali dilaksanakan.

Di lingkungan Wilcam Biddik Girimarto acara seperti ini sebenarnya sudah beberapa kali dilaksanakan. Sebelumnya telah dilaksanakan  Bimtek Kurikulum Merdeka pada bulan April 2022 selama 4 hari dengan  inservice dan onservice. Hadir pada bimtek tersebut Fetty Marhayuni, Widyaiswara LPPKSPS dan Yuli bangun Nursanti, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Acara tersebut diikuti sekitar 175 peserta. Acara selanjutnya yaitu pada bulan Juli diselenggarakan Bimtek Kurikulum Merdeka mandiri Distrik Jatisrono. Hadir sebagai pemateri Yato, Irwanto dan Titin Madyanti. Acara tersebut bertempat di SDN 1 Girimarto dan aula Wilcam Biddik Girimarto.