Kolaborasi MGMP Prakarya dan TIK dalam Acara Diklat Fungsional 1 Inservice 2

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Prakarya dan TIK SMP Kabupaten  Wonogiri kembali menggelar Diklat Fungsional 1 Pembuatan Video Pembelajaran. Kegiatan Inservice ke-2 ini dilaksanakan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams mulai dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB (Rabu, 3/3/2021). Seperti halnya dengan kegiatan Inservice pertama, pada kesempatan ini peserta berasal dari guru mata pelajaran Prakarya dan TIK dari sekolah SMP negeri maupun swasta di Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan ini dibuka oleh Susanto, yang merupakan Guru TIK SMPN 1 Wonogiri selaku host menyapa para peserta diklat fungsional yang masuk pada meeting room, kemudian acara dipandu oleh Yazid Basthomi, Guru SMPN 1 Slogohimo sebagai moderator. Meskipun kegiatan Inservice ke-2 ini tidak dilaksanakan dengan live streaming Youtube, namun peserta tetap semangat sampai dengan akhir kegiatan. Hal ini dikarenakan adanya rasa kepedulian dan tanggung jawab bersama.

Mamik Tri Hastuti, ketua MGMP Prakarya Rayon Wonogiri menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi mengikuti kegiatan Diklat Fungsional Inservice 1 dan Inservice 2 ini. Guru Prakarya SMP Negeri 2 Wonogiri ini melaporkan bahwa para peserta sangat antusias dan tetap semangat mengikuti kegiatan meskipun banyak guru mata pelajaran khususnya Prakarya  yang sudah memasuki masa menjelang pensiun yang minim ilmunya tentang IT tetapi hampir semuanya telah  menyelesaikan tagihan berupa produk kegiatan yang diupload melalui link yang telah disediakan panitia. Beliau juga menghimbau agar tetap semangat mengikuti kegiatan sampai selesai, selain itu beliau memberi informasi bahwa kegiatan lanjutan yaitu KKG akan dilaksanakan setelah PTS agar waktunya lebih maksimal.

Narasumber pertama Retno Puspito Rini, selaku  Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri memberikan apresiasi positif  pada diklat yang selama ini dilakukan oleh MGMP Prakarya dan TIK. Selain itu beliau memberikan arahan yang intinya bahwa Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dilaksanakan dalam upaya  mewujudkan guru yang profesional,  bermartabat dan sejahtera, sehingga  guru dapat berpartisipasi aktif dengan cara mengikuti kegiatan- kegiatan kolektif yang sesuai     dengan  tugas dan kewajiban guru terkait dengan  pengembangan diri dan meningkatkan profesionalismenya. Beliau juga berharap acara berjalan lancar, bisa dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan, hasil diklat bisa bermanfaat bagi peserta didik, juga bermanfaat untuk pengembangan karir guru yang bersangkutan.

Narasumber kedua, Yuni Sri Handayaningrum, Guru TIK SMPN 3 Jatisrono menyampaikan materi Pembuatan Video Pembelajaran dengan Powtoon. Materi ini merupakan kelanjutan dari materi Diklat Fungsional Inservice 1 yang dilaksanakan minggu lalu. Beliau sedikit mengulas materi pada pertemuan sebelumnya yaitu hal-hal yang menjadi kelebihan dari Powtoon, kemudian menjelaskan cara agar video yang dibuat bisa menarik dengan menambahkan musik dan narasi. Narasumber juga menjelaskan cara mengekspor video kemudian mengunggah ke Youtube. “Dengan Powtoon presentasi guru semakin menarik dan kita bisa membuat video yang bagus dan unik untuk pembelajaran sehingga menarik bagi siswa untuk lebih memperhatikan.” paparnya. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta yang dijawab oleh narasumber untuk lebih memperjelas materi Pembuatan Video Pembelajaran yang telah disampaikan.

Kegiatan ini ditutup moderator dengan ucapan terima kasih kepada narasumber  atas ilmu yang bermanfaat, dengan harapan kegiatan diklat fungsional ini dapat meningkatkan profesionalisme guru Prakarya dan TIK, kemudian diakhiri dengan doa penutup.