Kolaborasi FKKG Gugus Diponegoro dan Gugus Palapa dalam  Percepatan Akses Platform Merdeka Mengajar

Selasa (13/09/2022) Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Kecamatan Giriwoyo yang terdiri dari Gugus Palapa dan Gugus Diponegoro mengadakan kegiatan secara luring membahas tentang PAK, PMM, dan Budaya Positif. Kegiatan dilaksanakan di SDN 2 Bumiharjo, pukul 08.30 WIB dengan moderator Eva Marlina guru SDN 1 Ngancar. Materi PAK menghadirkan Suyatno sebagai narasumber guru SDN 1 Sirnoboyo. Narasumber menyampaikan tentang periode Penilaian Angka Kredit serta syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Pada kesempatan ini juga, disampaikan tentang tata urutan pembuatan laporan pengembangan diri.

Materi kedua Sri Retno Wahyuningsih guru SDN 1 Giriwoyo yang merupakan calon guru penggerak Kabupaten Wonogiri angkatan 4, mengenai Platform Merdeka Mengajar (PMM). Dimulai dari login dan mengenal fitur-fitur yang ada dalam PMM. Disampaikan pula bagaimana cara mengerjakan pelatihan mandiri modul-modul dalam PMM serta bagaimana menyusun aksi nyata yang nantinya akan diupload setelah peserta KKG menyelesaikan soal post test. Dimana mengupload aksi nyata merupakan salah satu syarat mendapatkan sertifikat. Dalam kesempatan ini, peserta KKG praktik langsung menggunakan laptop maupun HP untuk mengakses langsung PMM serta belajar menyelesaikan modul pelatihan.

Materi ketiga Amilu Aviliyanto guru PJOK SDN 3 Giriwoyo yang merupakan calon guru penggerak Kabupaten Wonogiri angkatan 4, mengenai budaya positif. Kurikulum merdeka bukan sebagai pengganti kurikulum 2013 tetapi kurikulum merdeka sebagai upaya untuk mengatasi lost learning yang terjadi selama pandemi covid-19. Budaya positif yang pertama perubahan paradigma, kedua, konsep disiplin positif dan motivasi, ketiga, keyakinan kelas. Untuk materi budaya positif lainnya akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya. Kegiatan KKG berjalan dengan lancar, tertib dan diakhiri pukul 12.45 WIB.