Koja Jatiroto Gelar Vicon Lebih Familiar dengan Video Pembelajaran

Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh KKG (Guru kelas, PJOK, dan PAI) bersama KKKS dalam Koja Jatiroto yang berjudul “Pembuatan Video Pembelajaran” dimulai pukul 09.00 sampai pukul 11.30 WIB secara online (Kamis, 4/9/2021). Kegiatan ini dibawakan oleh Gumini dan Muhamad Rizal Wahyudi sebagai moderator. Acara vicon ini mendatangkan Irwanto sebagai narasumber yang sudah tidak diragukan kemampuannya dalam bidang IT. Keaktifannya dalam memajukan pendidikan selalu di wujudkan dalam pengembangan konten pembelajaran di Youtube.

Tepat pukul 09.00 WIB Gumini membuka acara dengan menyapa semua peserta vicon yang telah hadir, memperkenalkan moderator, narasumber, dan memberikan kesempatan kepada Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatiroto untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya Sugeng Priyono tak henti-hentinya memberikan motivasi kepada seluruh pendidik di Kecamatan Jatiroto untuk terus selalu mengembangkan diri dalam memajukan pendidikan di Kecamatan Jatiroto. “Mari kita mengembangkan imajinasi yang abstrak, beraksi dan berkreasi, menanamkan kecintaan belajar kepada siswa, menggandeng tangan dan pikiran serta menyentuh hati bahwa kita percaya dengan kemampuan kita sendiri”, ungkap beliau.

Acara berikutnya dipandu oleh Rizal selaku moderator yang akan mengupas tuntas tentang pembuatan video pembelajaran. Irwanto memulai dengan memperkenalkan apa yang dimaksud dengan video pembelajaran. Video pembelajaran yang dibuat harus berpedoman pada kurikulum yang berlaku, harus memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran. Pembuatan video pembelajaran bertujuan untuk membantu atau sebagai alternatif peran guru, namun video ini tidak dapat menggantikan posisi guru sebagai pendidik melainkan hanya sebagai alat bantu penyampaian pesan materi pembelajaran kepada siswa. Langkah dalam pembuatan video pembelajaran meliputi: persiapan alat, membuat outline (kerangka), menyusun naskah, membuat video, edit, dan finalisasi. Dalam pembuatan video pembelajaran ini diperlukan alat baik hardware maupun software. Alat meliputi, kamera, HP, microphone, dan tripod. Untuk software diperlukan aplikasi untuk edit seperti Filmora, Videoscribe, dan Animaker. Pembuatan video pembelajaran dapat menggunakan Powerpoint juga menggunakan rekam layar. Di masa pandemi ini diharapkan guru dapat membuat karya seperti video pembelajaran yang berguna untuk menunjang aktifitas belajar para siswa. Selain itu pembuatan video pembelajaran dapat diajukan sebagai karya inovatif.

Rizal membuka kesempatan bertanya kepada peserta, yang pertama dari Panti Lasmini tentang waktu rekam layar yaitu dapat digunakan lebih dari dua jam. Pertanyaan kedua dari Dwi Retnowati tentang record yang ada dalam Powerpoint sudah ada dapat langsung digunakan untuk merekam. Pertanyaan ketiga dari Galih Indarto tentang penyampaian Kompetensi Dasar (KD) dan tujuan pembelajaran dapat ditampilkan dengan memberi sedikit prakata. Pertanyaan keempat tentang materi dalam video pembelajaran sebaiknya disesuaikan dengan tujuan pembelajarannya.

Di akhir acara Irwanto berpesan agar semua guru dapat mencoba membuat video pembelajaran karena sangat bermanfaat untuk menyampaikan materi yang menarik kepada siswa. Untuk materi selanjutnya akan disampaikan pada pertemuan yang akan datang. Acara dikembalikan oleh moderator lalu ditutup oleh pembawa acara.