KKKS Purwantoro Kupas Managemen dan Kepemimpinan Sekolah

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Purwantoro kembali mengadakan pertemuan secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Kamis (25 Maret 2021). Kegiatan ini merupakan agenda rutin KKKS yang dilaksanakan setiap Kamis. Peserta dari kegiatan ini adalah semua kepala sekolah di wilayah Kecamatan Purwantoro yang terdaftar dalam kegiatan KKKS. Peserta yang tergabung dalam room meeting sebanyak 30 orang. Acara ini dipandu oleh Sri Sutantini sebagai host dan Daryanti sebagai moderator. Narasumber pada kegiatan ini adalah G Saino, Kepala SD Negeri 1 Gondang. 

Kegiatan KKKS dibuka langsung oleh narasumber dengan memaparkan materi mengenai Managemen dan Kepemimpinan Sekolah. Prinsip penguatan budaya sekolah yaitu semakin kuat pemahaman, keyakinan, dan kepatuhan warga terhadap norma dan nilai-nilai  sekolahnya, makin tinggi kebanggaan terhadap sekolahnya. Rasa persatuannya makin menguatkan motif berprestasi dan daya belajarnya. Prinsip pengembangan budaya sekolah diantaranya budaya merupakan norma, nilai, keyakinan, ritual, gagasan, tindakan, dan karya sebagai hasil belajar. Kedua, perubahan budaya mencakup proses pengembangan norma, nilai, keyakinan, dan tradisi sekolah. Ketiga, sekolah memerlukan pemimpin inspiratif dan inovatif dalam mengembangkan perubahan perilaku melalui proses belajar. Keempat, mengembangkan budaya sekolah memerlukan ketekunan, keharmonisan, dan perjuangan. Kelima, efektivitas perubahan budaya sekolah dapat terwujud dengan mengembangkan sekolah sebagai organisasi pembelajar. 

Beliau juga memaparkan bagaimana cara mengembangkan budaya sekolah yaitu langkah pertama dengan menganalisis konteks lingkungan eksternal dan internal. Kedua, merumuskan strategi yang meliputi penetapan visi, misi, tujuan pengembangan, stategi pengembangan, dan penetapan kebijakan. Ketiga, implementasi strategi untuk  mencapai tujuan yang telah sekolah tetapkan. Keempat, monitoring dan evaluasi, dimana langkah ini merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu.  

Diakhir kegiatan, moderator menyampaikan kesimpulan mengenai tiga hal yang menyuburkan budaya sekolah agar tetap eksis yaitu keterlibatan orang tua dalam menunjang kegiatan sekolah, keteladan kepala sekolah dan guru di sekolah, dan prestasi siswa yang membanggakan.