KKKS Wisnu Pracimantoro kembali mengadakan kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada Rabu, 9 Maret 2022, masih dengan tema Program Induksi Guru Pemula (PIGP) paket 3 pertemuan ketiga. Kegiatan ini dihadiri Kepala Sekolah dari semua SD sewilayah Pracimantoro baik sekolah negeri maupun swasta. Kegiatan berlangsung pukul 10.00-12.30 WIB dengan narasumber Suyanto, Ketua KKKS Wisnu Pracimantoro. Diawali dengan bacaan basmallah bersama, acara KKKS dibuka dilanjutkan menyayikan lagu Indonesia Raya dan doa. Sambutan dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pracimantoro yakni Sri Gunanti dan dilanjutkan sambutan Pengawas TK/SD Pracimantoro, Sutrisno.
Pada pertemuan kedua ini Suyanto memaparkan deskripsi pelaksanaan dan hasil penilaian Program Induksi Guru Pemula (PIGP). Ada tiga tahapan yaitu: Praobservasi, Pelaksanaan Observasi, dan Pasca Observasi. Pada kegiatan praobservasi, guru pemula dan pembimbing mendiskusikan, menentukan, dan menyepakati fokus observasi pembelajaran dan pembimbingan yang meliputi paling banyak lima indikator kinerja dari keseluruhan indikator kinerja sebagaimana yang tertulis dalam lembar observasi pembelajaran yang akan diisi oleh pembimbing dan lembar refleksi diri yang akan diisi oleh guru pemula. Lima indikator kinerja yang menjadi objek dalam fokus observasi dapat ditentukan secara berbeda pada setiap pelaksanaan observasi yang didasarkan pada hasil observasi sebelumnya.
Selanjutnya pada pelaksanaan observasi, pembimbing mengisi lembar observasi pembelajaran dan pembimbingan secara objektif pada saat seketika pelaksanaan observasi dilakukan. Dalam hal pemberian nilai, pembimbing menggunakan lembar observasi. Pada pendekatan lesson study, saat observasi pembelajaran para observer disarankan untuk menggunakan observasi pembelajaran yang lebih bersifat kualitatif untuk mengungkap berbagai fakta atau fenomena aktivitas dan/atau proses belajar siswa yang menarik untuk didiskusikan dalam refleksi.
Tahap terakhir yaitu pasca observasi, kegiatan yang dilakukan adalah: guru pemula mengisi lembar refleksi pembelajaran dan pembimbingan setelah selesai pelaksanaan pembelajaran dan pembimbingan, pembimbing dan guru pemula mendiskusikan proses pembelajaran dan pembimbingan yang telah dilaksanakan, dan pembimbing memberikan salinan lembar observasi pembelajaran dan pembimbingan kepada guru pemula yang telah ditandatangani oleh guru pemula dan pembimbing untuk diarsipkan sebagai dokumen portofolio penilaian proses (assessment for learning).
Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab bagi para peserta yang mengalami kesulitan. Peserta berperan aktif dalam kegiatan ini, terlihat pada sesi tanya jawab yang menunjukkan antusias berdiskusi dan bertanya jawab tentang materi yang berikan,