KKKS Pracimantoro Gelar Webinar Best Practice

KKKS Kecamatan Pracimantoro kembali mengadakan Webinar 23 Agustus 2021. Acara dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Kegiatan paket 5 materi Best Practice bagian I. Peserta anggota KKKS yaitu semua Kepala Sekolah se-kecamatan pracimantoro. Host pada  kegiatan ini Nanik Hartini, dan moderator Parsa, kegiatan disambut oleh pengawas SD Sutrisno, dan narasumber Sri Gunanti,  selaku korwil pracimantoro. Sutrisno menyampaikan bahwa Best Practice ini merupakan butir kegiatan dari sub unsur pembuatan Pengembangan Profesi dan atau Publikasi Ilmiah dibidang Pendidikan khususnya bagi Kepala Sekolah. Dengan demikian hasil Best Practice berupa laporan karya tulis yang berisi uraian ide/ gagasan atau pengalaman nyata yang terbaik dalam mengatasi berbagai masalah yang ada disekolah masing-masing, apalagi dalam masa pandemi seperti ini.

Moderator menyampaikan acara inti dimulai presentasi materi dari Sri Gunanti, dalam pemaparan materinya baliau menyampaikan latar belakang pembuatan Best Practice dalam rangka meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Atas dasar itu diharapkan semua guru dan kepala sekolah dapat melakukan PKB, serta karya tulis ilmiah dan karya Inovatif yang dipublikasikan.

Tahapan penulisan Best Practice dilaksanakan secara sistematis melalui pendekatan ilmiah, artinya penulisan laporan Best Practice ini dilandasi suatu teori yang relevan dengan masalah Pendidikan disekolah. Sri Gunanti juga memaparkan nilai Angka Kredit yang bias diperoleh dari Best Practice ini, diantaranya a) laporan Best Practice AK 2, b) Dipresentasikan AK 0,2, c)dibuat buku AK ber ISBN 3 AK tidak berISBN 1,5, d) dibuat tulisan ilmiah popular Koran Nasional AK 2 Koran tidak Nasional (propinsi, kab/kota) AK 1,5, e) dibuat artikel di jurnal ilmiah Nasional 2 Propinsi 1,5 Kabupaten/Kota 1.

Sesi diskusi dan tanya jawab, dijelaskan contoh Best Practice dari kepala sekolah yang sudah pernah dipublikasikan. Diakhir kegiatan narasumber menyampaikan pentingnya Best Practice ini untuk kepala sekolah maupun guru disekolahnya masing-masing. Saling memotivasi untuk tetap berkarya