KKKS Pracimantoro Cermati PIGP

KKKS Wisnu Kecamatan Pracimantoro mengadakan kegiatan kolektif secara luring pada Rabu, 23 Februari 2022, dengan tema Pentingnya Program Induksi Guru Pemula (PIGP) bagian ke-2 dari 3 paket. Kegiatan ini dihadiri kepala sekolah se-Kecamatan Pracimantoro. Kegiatan yang di mulai pukul 10.00-12.30 WIB menghadirkan narasumber Suyanto yang juga Ketua KKKS Wisnu Kecamatan Pracimantoro. Acara diisi dengan sambutan dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pracimantoro, Sri Gunanti dilanjutkan sambutan dari Sutrisno, Pengawas TK/SD Kecamatan Pracimantoro.

Pada pertemuan kedua ini, Suyanto memaparkan rincian pelaksanaan PIGP. Bulan pertama setelah guru pemula melapor kepada kepala sekolah tempat guru pemula bertugas, guru pemula melakukan pengenalan sekolah dan lingkungannya. Bulan ketiga sampai bulan kesembilan  pelaksanaan pembimbingan  oleh guru yang telah ditetapkan sebagai pembimbing. Kegiatan bulan ketujuh sampai kesembilan yakni kegiatan penilaian tahap 1 atau penilaian proses, selanjutnya pada bulan kesepuluh dan kesebelas yakni penilaian tahap 2 atau penilaian hasil, serta pada kegiatan bulan keduabelas yakni pelaporan hasil kegiatan PIGP.

Materi dijelaskan secara rinci dan jelas oleh narasumber. Setiap tahapan yang harus dilalui guru pemula disekolah yang baru, serta peran dan tanggungjawab kepala sekolah dalam pelaksanaan PIGP diantaranya: (1)menyiapkan Buku Pendoman Pelaksanaan PIGP; (2)menunjuk  pembimbing yang sesuai dengan kriteria; (3) menjadi pembimbing, jika pada satuan pendidikan yang dipimpinnya tidak terdapat guru yang memenuhi kriteria sebagai pembimbing; (4) mengajukan pembimbing dari satuan pendidikan lain kepada dinas pendidikan terkait jika tidak memiliki pembimbing dan kepala sekolah tidak dapat menjadi pembimbing; (5)memantau pelaksanaan pembimbingan oleh pembimbing; (6)melakukan pembimbingan terhadap guru pemula serta memberikan saran perbaikan; serta (7)melakukan penilaian kinerja.

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab bagi para peserta yang mengalami kesulitan. Peserta berperan aktif dalam kegiatan ini. Hal ini terlihat pada sesi tanya jawab yang menunjukkan peserta yang antusias dengan materi yang berikan,