KKKS Pracimantoro Bedah Google Workspace For Education

KKKS Wisnu Kecamatan Pracimantoro Kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Kepala Sekolah (KKKS) secara luring  dengan memenuhi protokol kesehatan pada Rabu, 23 Maret 2022.  Kegiatan ini termasuk dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dihadiri kepala sekolah dari setiap SD se-kecamatan Pracimantoro baik sekolah negeri maupun swasta. Kegiatan pukul 10.00-13.00 dengan narasumber Nita Dewi Nurdianawati  membawakan materi Google Workspace for Education (GWE). Diawali dengan bacaan basmallah bersama acara KKKS dibuka, menyayikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa. Sambutan dari Korwil bidang Pendidikan kecamatan Pracimantoro yakni Sri Gunanti, dilanjutkan Sutrisno, selaku Pengawas TK/SD Kecamatan Pracimantoro. Serta sambutan terakhir dari Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah  (KKKS) Wisnu Kecamatan Pracimantoro Suyanto.

Materi kali ini ada 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama ini,  Nita  memaparkan Google Workspace digunakan oleh jutaan pengajar dan siswa di seluruh dunia. Google Workspace dirancang untuk kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Ada beberapa alat-alat utama di Google Workspace seperti Google Classroom, Slide, Dokumen, Formulir, dan lainnya. Dimana Google Workspace for Education adalah kumpulan alat yang membantu menyelesaikan tugas. Dapat digunakan untuk menulis laporan, membuat presentasi, membuat kuis, merencanakan pelajaran, menilai tugas, dan banyak lagi. Google Workspace membantu pengajar mengajar dan siswa belajar. Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari GWE ini, maka Kepala Sekolah diwajibkan dapat  memahami bahkan mengoperasikannya.

Kegiatan ini cukup menarik bagi peserta sehingga ada beberapa feedback kepada narasumber. Pada kegiatan PKB ini terdapat bebrapa pertanyaan yang meliputi Google Workspace For Education, Peserta praktik langsung menggunakan laptop masing-masing. Kegiatan penutup berisi kesimpulan bahwa Kepala Sekolah memahami produk dari Google Workspace for Education untuk pembelajaran. Serta mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis IT.