KKKS Kecamatan Wonogiri Selenggarakan Rakor Daring Kenaikan Kelas dan Kelulusan SD/MI

Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (COVID-19) menuntut para pemangku kebijakan pendidikan untuk mengambil langkah-langkah yang cepat dan tepat. Berbagai kebijakan yang diambil pun tentunya harus mengacu pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid -19. Menjelang berakhirnya tahun pelajaran 2019/2020 saat ini setiap satuan pendidikan dihadapkan pada berbagai permasalahan, antara lain penyelenggaraan belajar dari rumah, Penilaian Akhir Semester, Ujian Sekolah (US), Ujian Nasional (UN), Kenaikan Kelas, serta Kelulusan Peserta Didik.  Oleh sebab itu, melalui SK Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tertanggal 24 Maret baik Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah ditiadakan.

Sebagaimana Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri telah menerbitkan Surat Pemberitahuan Nomor 420/1736 tanggal 11 Mei 2020 terkait adanya Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 2 Tahun 2020 tentang Spesifikasi, Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan dasar dan menengah Tahun Pelajaran 2019/2020 dan Surat edaraan Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam masa Darurat Penyebaran COVID-19. 

Menyikapi berbagai perubahan kebijakan tersebut, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Wonogiri bersama dengan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Wonogiri pada hari Selasa, 19 Mei 2020 mengadakan Rapat Koordinasi secara daring melalui video conference (Vicon) dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB. Adapun materi yang dibahas dalam rapat daring tersebut adalah tentang Kenaikan Kelas dan kelulusan SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penyelenggaraan rapat secara daring ini juga sebagai tindak lanjut dari hasil rapat yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri melalui video conference (vicon) tentang Kenaikan dan Kelulusan Jenjang Sekolah Dasar yang dilaksanakan hari Rabu, 15 April 2020

Pada awal kegiatan, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri berkenan hadir dan memberikan sambutan, motivasi, dan pengarahan kepada para peserta  rapat melalui video conference. Berdasarkan data pada daftar hadir jumlah peserta sebanyak 174 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan segenap Pengawas Sekolah di lingkungan Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Wonogiri.  Bertindak sebagai moderator adalah Sri Marhaeningsih, S.Pd (Kepala SD Negeri 1 Wonoboyo). 

Materi tentang Kenaikan Kelas dan kelulusan tersebut dipaparkan oleh Drs. Mulyatno, M.Pd dan Drs. Setya Widodo, M.Pd.  Materi disampaikan secara detail mengenai kriteria kenaikan kelas, pengolahan nilai rapor baik pada Kurikulum 2006 (KTSP) maupun Kurikulum 2013. Materi berikutnya adalah Penentuan Kelulusan, Pengolahan Nilai Ujian Sekolah, Surat Keterangan Lulus serta Surat Keterangan Nilai Rapor.

Suasana menjadi sangat hidup ketika moderator membuka sesi tanya jawab. Peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada narasumber baik secara langsung maupun melalui pesan (chat). 

Pada sesi terakhir, Mahmud Yunus, S.Pd (Kepala SD Negeri 1 Wonogiri)  selaku Ketua KKKS Kecamatan Wonogiri menyampaikan materi dan koordinasi mengenai Pengolahan Nilai Rapor dan Ijazah, Pelaporan Nilai Rapor 5 (lima) Semester, serta informasi mengenai kebijakan dan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021.