KKKS, FKKG dan Tim Kreatif Kecamatan Wonogiri  Bersinergi Membuka Kegiatan Tahun 2021

KKKS, FKKG, dan Tim Kreatif Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Wonogiri berkolaborasi dalam pembukaan Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2021 secara daring menggunakan Microsoft Teams dan Live Streaming Youtube untuk memfasilitasi peserta agar mudah mengakses kegiatan webinar pada Senin, 8 Februari 2021.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Vietry Nur Pramita, S.Pd.SD sebagai host mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta yang masuk meeting room sekaligus menyampaikan tata tertib yang harus dipahami oleh peserta. Peserta terdiri dari Kepala Sekolah anggota KKKS, KKG Guru Kelas, KKG Guru Pendidikan Agama dan BP, serta KKG Guru Penjasorkes di wilayah Korwilcambiddik Wonogiri. Jumlah peserta baik yang bergabung melalui Platform Microsoft Teams maupun Live Streaming Youtube sebanyak 368 peserta. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd; Drs. Setya Widodo, M.Pd (Korwas Kabupaten Wonogiri); Sukatmi, S.Pd., M.Pd (Korwil Kecamatan Bid. Pendidikan Wonogiri). Acara dipandu oleh Sugi Mistanti, S.Pd, M.Pd sebagai moderator.

Ketua KKKS Kecamatan Wonogiri, Mahmud Yunus, S.Pd menyampaikan bahwa peningkatan mutu pendidikan di jenjang pendidikan dasar dan peningkatan kompetensi guru menjadi komitmen pemerintah yang harus terwujud secara nyata ditempuh melalui KKKS/KKG. Kepala sekolah sebagai edukator, manager, administrator, pemimpin, motivator, dan kewirausahaan berperan penting dalam pembinaan SDM utamanya Guru. Oleh sebab itu, upaya peningkatan kompetensi guru harus menjadi komitmen bersama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd. mengawali sambutan dengan menyapa para peserta, menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan webinar dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Materi yang disampaikan tentang Revitalisasi dan Pengembangan KKG/MGMP. Beliau menekankan bahwa KKG/MGMP dikembangkan untuk mencapai tuntutan guru profesional dan guru bermutu. Hal-hal yang harus dikembangkan antara lain : 1) Peningkatan penguasaan materi mata pelajaran; 2) Peningkatan pemahaman Kurikulum dan perangkatnya; 3) Peningkatan kualitas pembelajaran; 4) Peningkatan kemampuan evaluasi dan penilaian hasil belajar, dan 5) Kegiatan-kegiatan lainnya. Setelah membuka webinar secara resmi beliau berpesan, “Buat sebuah tindakan yang positif, kita harus mengembangkan sebuah pandangan yang positif. Kita lakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Berkacalah kepada yang positif kepada orang lain, karena kata-kata yang positif akan kembali kepada sumbernya. Maka, akan kembali kepada diri kita masing-masing, suatu hal yang positif.”

Materi berikutnya adalah E-KTSP yang dipaparkan oleh narasumber dari Tim Pengembang E-KTSP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Ike Kuswardani, S.Pd. Materi E-KTSP meliputi : Penyusunan KTSP, Panduan Validasi E-KTSP, dan Langkah-Langkah Pelaksanaan E-KTSP. Narasumber menyampaikan kurikulum sekolah bukan hanya tanggung jawab kepala sekolah, tetapi guru dan tenaga kependidikan juga harus terlibat secara langsung dalam proses penyusunannya, Dengan demikian KTSP sebagai kurikulum operasional pendidikan benar-benar dapat dipahami, dikuasai, dan dilaksanakan secara baik di masing-masing satuan pendidikan.

Di akhir sesi, untuk kepentingan dokumentasi, panitia mengingatkan agar para peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui link yang telah dibagikan. Semoga kegiatan pembukaan KKKS/KKG Korwilcambiddik Wonogiri Tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk webinar ini dapat memicu dan memacu para guru dalam mewujudkan Tuntutan Guru Profesional dan Guru Bermutu.