KKKS dan Tim Kreatif Kecamatan Purwantoro Kupas Kiat Super Lolos Tes P3K

KKKS bekerja sama dengan Tim Kreatif Kecamatan Purwantoro menggelar bimbingan ujian calon peserta P3K Guru SD perdana. Kegiatan diikuti oleh pengawas, ketua K3S, mentor, panitia dan GTT se-Kecamatan Purwantoro menggunakan Microsoft Teams Hari Senin, 5 Juli 2021 . Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan belajar para GTT dalam menghadapi tes P3K tahun 2021.  Kuota PPPK Kabupaten Wonogiri 3325 formasi yang jumlahnya cukup luar biasa. Oleh karena itu tim kreatif segera mengadakan pendampingan secara daring untuk memudahkan GTT mengikuti seleksi PPPK.

Acara pertama yaitu sambutan dari ketua KKKS Kecamatan Purwantoro Warsino. Dalam sambutanya menyampaikan kegiatan bimbingan P3K ini dana difasilitasi oleh beberapa forum diantaranya FKKG dan KKKS,oleh karena itu, mohon mengikuti dengan serius. Kegiatan bimbingan calon P3K ini semoga menjadi motivasi sehingga nanti jika lolos tidak ada keluh kesah WB dan kebutuhan tenaga pendidik tercukupi. Sambutan kedua dari Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro, Sri Hartono. Beliau memberikan motivasi dan pengarahan kepada rekan-rekan GTT. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mendukung penuh atas kelancaran kegiatan ini. Apresiasi bersama untuk Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Bapak Bupati, Dinas Pendidikan dan pihak-pihak yang mendukung P3K. Tes tahap 1 diprioritaskan untuk guru honorer di sekolah negeri masing-masing. Sedangkan tes tahap 2 dan ketiga terbuka untuk semua guru honorer. Oleh karena itu, mohon dipersiapkan dengan sungguh-sungguh karena jika tidak lolos pada tahap awal maka tahap selanjutnya akan semakin berat persaingannya. Mohon Bapak/Ibu Kepala Sekolah ikut mendukung dan mendampingi rekan-rekan GTT di Sekolahnya. Semoga teman-teman calon P3K semua lolos dan sukses.

Acara selanjutnya adalah materi dari mentor P3K Purwantoro sekaligus ketua tim kreatif Kecamatan Purwantoro, Sri Wasito. Pada awal penyampaian materi mengajak kepada semua peserta untuk menjawab pertanyaan tentang P3K melalui aplikasi mentimeter. Semua peserta sangat antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Pengantar materi disampaikan cukup jelas. Jadwal bimbingan calon P3K sudah dishare di grup WA mohon dicermati. Pembagian nama mentor beserta materi yang akan diberikan juga sudah ada. Mohon yang belum masuk grup WA segera japri admin untuk dimasukkan. Try out Kabupaten akan diadakan 3 kali sebelum akhir bulan harus terlaksana. Materi yang akan diujikan adalah kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural, dan wawancara. Paparan materi terakhir oleh Wiji Hatmoko selaku narasumber inti dalam kegiatan ini. Wiji Hatmoko menyampaikan materi motivasi kiat sukses lolos tes P3K. Beliau menyampaikan materi dengan interaktif sehingga para peserta sangat antusias. Hal-hal yang lebih penting dari belajar adalah motivasi, mental, dan doa. Lima langkah super lolos P3K adalah : Menuliskan impian, Menetapkan langkah, Menetapkan waktu semaksimal mungkin,Lakukan dengan rajin dan sabar, Sesuaikan tindakan. Kegiatan akhir  tanya jawab berlangsung dengan interaktif. Melalui materi ini, semoga dapat membantu GTT untuk mempersiapkan tes P3K secara optimal.