KKKS dan KKG TK Gugus Kartini Slogohimo Selenggarakan Pelatihan Google Workspace For Education

Dalam upaya meningkatkan profesionalisme para pendidik PAUD khususnya TK maka KKKS dan KKG TK Gugus Kartini Kecamatan Slogohimo mengadakan pelatihan Google Workspace For Education acara ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu 8,9, dan 10 September 2021 dengan metode luring namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Acara dibuka oleh host Ika Widyaningsih, dengan membacakan susunan acara, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa untuk mengawali kegiatan. Acara berikutnya adalah sambutan dari ketua KKKS TK Kecamatan Slogohimo, Sri Purwani. Beliau menyampaikan dalam menyikapi pembelajaran jarak jauh bagi anak didik PAUD perlu inovasi agar lebih menarik dan tidak terfokus pada grup Whatshapp saja, maka peranan teknologi yang tepat untuk menghubungkan peserta didik dengan guru sangat dibutuhkan. Hal inilah yang menjadikan dasar diadakannya pelatihan ini.

Acara dilanjutkan dengan pelatihan Google Workspace For Education yang dipandu secara langsung oleh Suyanto, yang merupakan trainer dari Google Master Trainer-GTK Kemdikbud. Beliau menyampaikan banyak manfaat dalam kegiatan belajar mengajar dengan Google Workspace For Education. Adapun fasilitas yang dapat dimanfaatkan adalah Google Clasroom, Google Meet, Google Form, Google Sheet, dan Google Slide. Narasumber menyampaikan langkah-langkah dalam membuat kelas maya, cara membuat tugas atau kuis untuk siswa, cara mengelola nilai, cara mengadakan tatap maya dengan siswa dan cara membuat slide untuk presentasi. Peserta diajak secara langsung untuk mempraktikkan hasil pelatihan ini dengan membuat kuis untuk peserta didik dan cara mengelola nilai dari kuis tersebut. Setelah itu peserta praktik membuat room dengan aplikasi Google Meet, dan membuat slide dengan memanfaatkan aplikasi Google Slide. Pada penghujung acara, narasumber berbagi pengalaman tentang pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran mulai dari cara membuat akun Youtube, cara membuat video, hingga cara mendapatkan royalti dari Youtube dalam hal ini narasumber mengajak para peserta untuk membuat dan menyimpan video pembelajaran di akun Youtube karena tidak mengurangi memori gadget dan tidak akan hilang.

Peserta sangat puas dengan pelatihan ini, terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan peserta mampu dijawab dan dijelaskan oleh narasumber. Setelah acara sharing dan tanya jawab selesai, kemudian ditutup oleh host.