KKKS dan KKG Kecamatan Nguntoronadi Sukses  Gelar Pembukaan KKKS dan KKG Secara Virtual

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Nguntoronadi sukses menyelenggarakan kegiatan bersama yaitu Pembukaan KKKS dan KKG Tahun 2021. Kegiatan ini dilakukan secara daring / virtual, melalui Microsoft Teams yang diikuti oleh  anggota KKG Mendut, KKG Kalasan, KKG Prambanan, KKG PAI, KKG Penjasorkes dan KKKS Kecamatan Nguntoronadi pada Senin (15/02/2021).

Kegiatan diselenggarakan secara daring karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Wilayah Kabupaten Wonogiri. Hal ini dilakukan untuk pengendalian penyebaran Virus Covid-19 yang masih menjadi pandemi di negeri ini. Sehingga sebagai pendidik harus mempunyai inovasi, solusi yang kreatif untuk menjalankan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dan yang bertugas sebagai host dalam kegiatan ini Arif Utsman, guru SD Negeri 1 Parangharjo dengan moderator Marjono, guru SD Negeri Ngadiroyo. Host menyapa para peserta di room meeting dengan semangat, sekaligus menyampaikan tata tertib kegiatan dan dilanjutkan moderator membacakan susunan acara kegiatan virtual ini serta dilanjutkan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Acara diawali dengan sambutan oleh Korwil Kecamatan Nguntoronadi, Endah Sayekti P. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, sehingga Pembukaan Kegiatan KKKS dan KKG Kecamatan Nguntoronadi yang diselenggarakan secara daring/virtual ini dapat terlaksana dengan lancar. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kecamatan Nguntoronadi. Dalam sambutannya beliau juga memotivasi anggota KKKS dan KKG untuk selalu semangat mengikuti kegiatan dan mengembangkan diri dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selanjutnya beliau memohon kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri berkenan untuk membuka dan memberi pembinaan dalam acara ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KKKS dan KKG merupakan wadah dan sarana untuk meningkatkan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan saat ini diukur di tingkat satuan pendidikan, kabupaten, provinsi sampai nasional melalui Asesmen Nasional yang meliputi tiga komponen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang terdiri dari Literasi Numerasi dan Literasi Membaca, Karakter Anak Didik dan Budaya Sekolah melalui penguasan TIK. Beliau juga mejelaskan setelah Ujian Nasional (UN) ditiadakan pada tahun 2020 karena adanya pandemi Covid – 19, pemerintah melalui Kemendikbud meniadakan UN di tahun 2021 dan menggantinya dengan Asesmen Nasional yang salah satu bagiannya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Acara berikutnya adalah doa yang disampaikan oleh Misno, Kepala SD Negeri 2 Bumiharjo dan acara lain-lain diisi oleh Pengawas TK/SD Kecamatan Nguntoronadi Agus Lastriyo yang menyampaikan beberapa informasi mengenai Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Peningkatan mutu pendidikan di jenjang Pendidikan Dasar dan peningkatan kompetensi guru menjadi komitmen pemerintah yang harus terwujud secara nyata melalui kegiatan KKKS dan KKG. Beliau berpesan kepada guru untuk selalu memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal.

Di akhir sesi peserta melakukan tanya jawab dan melakukan presensi dengan mengisi form melalui link yang telah dibagikan. Selanjutnya moderator mengakhiri kegiatan pembukaan KKKS dan KKG Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Nguntornadi Tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring/virtual ini dan mengharapkan kegiatan ini dapat memacu semangat guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di tengah pandemi sehingga dapat mewujudkan Guru Profesional. Bersama-sama membangun negeri, Sesarengan mBangun Pendidikan Wonogiri.