KKKS dan FKKG Purwantoro Gelar Grand Opening Kegiatan Kolektif

KKKS dan FKKG Purwantoro menggelar Grand Opening kegiatan kolektif dengan Microsoft Teams pada Selasa, 8 Februari 2022. Kegiatan ini dipandu Suwondo sebagai host dan Rohfiyanti sebagai moderator. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Purwantoro, Sri Hartono yang menyampaikan bahwa di abad-21 kita menghadapi berbagai tantangan dan harus peka terhadap era digitalisasi, perkembangan IT dan pembelajaran tatap muka, serta berpesan untuk selalu bersinergi terhadap perkembangan dalam dunia pendidikan. Acara ini juga dihadiri oleh Stefany Agung Sedayu sebagai perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang menyampaikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dalam kegiatan pembelajaran maupun sehari-hari. Beliau juga berharap kegiatan Grand Opening menjadi awal untuk selalu belajar dan menambah ilmu dari narasumber.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Hendrik Hermawan, sang inovator dari Kabupaten Grobogan dengan segudang prestasi, baik lokal maupun nasional.

Dalam acara ini Hendrik berbagi ilmu tentang membuat media pembelajaran yang baik” antara lain: 1) Berdasarkan permasalahan asli, 2) Menggali ide Inovasi, sumber ide diperoleh dari facebook, youtube, tiktok, instragram dan lainya, 3) Jangan fokus hanya pada desain media saja, akan tetapi skenario pembelajaran lebih penting, 4) Judul yang menarik, agar siswa termotivasi dan tertarik untuk menggunakan media pembelajaran, 5) Indikator, tujuan, materi, evaluasi harus sinkron sesuai dengan perangkat pembelajaran, dan lain-lain.

Semoga setelah acara grand opening ini, harapan narasumber adalah kita bisa membuat media pembelajaran yang menarik. Pembuatan media berbasis aplikasi android membutuhkan konsentrasi & skill yang lebih dalam. Oleh karena itu, jadilah guru yang bisa mengembangkan media pembelajaran berbasis android karena jumlah guru yang mau berinovasi masih belum banyak. Jadilah guru yang terus belajar, terus mencoba, dan tetap semangat dalam memajukan pendidikan di Indonesia.