KKKS dan FKKG Pracimantoro Gelar Pembukaan Kegiatan Kolektif

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Pracimantoro menggelar Pembukaan Kegiatan Kolektif pada Rabu, 2 Maret 2022 secara daring. Peserta kegiatan meliputi Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru PJOK dan Guru PAI dari setiap sekolah di wilayah Gugus Sudirman, Gugus Ki Hajar Dewantara, Gugus Sultan Agung, Gugus Pangeran Diponegoro, dan Gugus Ahmad Dahlan.

Bertindak sebagai host pada acara ini adalah Nanik Hartini, moderator Sutomo, dan menghadirkan Sri Gunanti sebagai narasumber. Gunanti, begitu beliau disapa merupakan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Pracimantoro. Pada kegiatan ini, Gunanti berkesempatan membuka acara dan memberikan materi tentang Karya Tulis Ilmiah dan ragam tulisan yang lain. 

Pada kesempatan kali ini, narasumber berbagi pengalaman menulis diantaranya, menulis cerita pendek, kumpulan cerpen, kumpulan pantun, laporan penulisan PTS/PTK, artikel dan jurnal. Dalam paparannya Sri Gunanti juga menyampaikan tentang optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh. Lebih lanjut, narasumber menyampaikan bahwa laporan kegiatan PKB harus memenuhi persyaratan “APIK”. Kata ini merupakan akronim dari Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten. Tentu, bagi guru istilah ini sudah tidak asing lagi karena para guru sudah sering membuat tulisan ilmiah bahkan sudah banyak yang dimuat di jurnal penelitian tingkat kabupaten ataupun tingkat provinsi. 

Kegiatan Vicon yang berlangsung kurang lebih 2,5 jam ini diikuti oleh peserta dengan penuh semangat. Memasuki sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan disampaikan kepada narasumber melalui moderator baik secara langsung maupun melalui kolom chat. Narasumber menanggapi dan memberikan jawaban secara lugas sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh partisipan dalam kegiatan webinar hari ini.