KKKS dan FKKG Ngadirojo Gelar Webinar Media Pembelajaran

KKKS dan FKKG Ngadirojo mengadakan kegiatan webinar masa pandemi dengan mengusung tema “Media Pembelajaran” yang dilaksanakan pada hari Kamis (25/2/2021) minggu terakhir di Februari 2021 ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus Harian KKKS Ngadirojo, Gimin, yang memberikan sambutan sekaligus arahan berkaitan dengan pentingnya seorang guru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk memotivasi peserta didik khususnya saat pembelajaran jarak jauh ini. Beliau menegaskan bahwa pendidikan pada hakikatnya memiliki arti diantaranya, learn to know berarti belajar mengetahui, learn to do berarti belajar untuk melakukan sesuatu. Belajar yang lebih penting yaitu mau mengerjakan, kegiatan guru setelah mengerjakan adalah bertanggung jawab untuk mengajarkannya kepada peserta didik. Learn to be berarti belajar untuk menjadi sesuatu. Learn to live together yang artinya belajar bersama-sama. Masa pandemi sekarang ini mustahil untuk berada dalam satu batas tembok dengan peserta didik sehingga guru hanya bisa melakukan pembelajaran melalui jarak jauh.

Beliau menuturkan bahwa materi tentang media pembelajaran yang akan disampaikan pada webinar ini sangat cocok untuk memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh. Sebagai guru profesional, kita harus meningkatkan potensi dan menggali kreativitas kita dalam mengajar peserta didik terlebih lagi dalam masa pandemi. Media pembelajaran mestinya harus dikuasai dan didalami oleh seorang guru sehingga dapat menyajikan pembelajaran yang menarik minat maupun semangat peserta didik. Beliau berpesan untuk tetap mengindahkan imbauan pemerintah, selalu jaga jarak, pakai masker, cuci tangan agar wabah lekas berlalu. Beliau juga memberi semangat bahwa guru yang inovatif adalah wujud kreasi yang diharapkan oleh masyarakat.

Masuk pada acara inti, yaitu penyampaian materi oleh narasumber yang sangat kompeten di bidangnya, beliau kerap disapa Mas Irwanto. Segudang prestasi kaitannya dengan IT telah berhasil diraih, salah satu diantaranya sebagai finalis lomba pengayaan bahan ajar berbasis blog tingkat provinsi. Menurut narasumber, berbagai macam alat dapat digunakan dalam pembuatan media pembelajaran baik itu software maupun hardware. Hardware yang bisa digunakan diantaranya adalah kamera, tripod, dan microphone. Sedangkan untuk software, kita bisa menggunakan filmora, videoscribe, atau animaker. Teknik yang bisa digunakan dalam membuat media pembelajaran yang menarik juga sangat beragam, mulai dari teknik rekaman langsung, rekaman layar, bahkan sampai rekaman dubbing dan lipsing sekalipun. Dalam penyampaian materi, narasumber juga melakukan praktik secara langsung untuk mencoba membuat video pembelajaran berdurasi pendek dengan sebuah aplikasi tellagami. Aplikasi ini salah satu aplikasi khusus untuk membuat dubbing animasi yang mudah sekali untuk digunakan. Narasumber menuntut dengan pelan para peserta webinar untuk ikut mempraktikkan pembuatan animasi dengan menggunakan aplikasi tellagami ini. Sebagai hasil akhirnya, narasumber memutarkan video pembelajaran yang telah dibuat dengan berdurasi beberapa detik sebagai hasil dari praktik percobaannya.

Akhir sesi webinar, moderator memberikan kesempatan kepada para peserta untuk tanya jawab dengan narasumber berkaitan dengan materi webinar. Acara webinar semakin seru karena ditutup dengan kuis yang diikuti oleh banyak peserta dengan hadiah yang sangat menarik. Host menutup rangkaian acara dengan memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk terus meningkatkan potensi yang dimilikinya sebagai seorang guru.