KKKS dan FKKG Kismantoro Gelar Kegiatan Kolektif Virtual

Kegiatan Kolektif Guru Kecamatan Kismantoro yang keempat dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh 5 kelompok yaitu KKKS Kismantoro, KKG Gugus Abhinaya, KKG Gugus Jenderal Soedirman, KKG Guru PJOK, dan KKG Guru PAI (Sabtu, 6/3/2021). Acara vicon dibuka pada pukul 09.12 WIB oleh Anis Sururin Nadhiroh Guru SDN 1 Miri sebagai host dengan jumlah peserta yang bergabung 112 orang. Bertugas sebagai moderator Rifniatun Guru SDN 1 Gesing.

Kegiatan diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber Parwianto, Pengawas SD Kecamatan Kismantoro. Beliau menyampaiakan berbagai hal yang berhubungan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Judul paparannya adalah Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar. RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru serta referensi lain yang mendukung. Komponen-komponen pada RPP antara lain identitas sekolah/madrasah, kelas/semester, tema dan subtema, alokasi waktu, KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penialaian dan media/alat, bahan serta sumber belajar.

Prinsip-prinsip RPP antara lain, memuat kompetensi dasar sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan, satu RPP dilaksanakan dalam satu kali pertemuan, memperhatikan perbedaan individu siswa, berpusat pada siswa, berbasis konteks, berorientasi kekinian, mengembangkan kemandirian belajar, memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran, memiliki keterkaitan dan keterpaduan antar kompetensi dan antar muatan, serta memanfaatkan teknologi dan komunikasi.

Langkah-langkah menyusun RPP antara lain, mengkaji silabus tematik, mengkaji buku guru dan siswa, mengembangkan kegiatan pembelajaran, penjabaran jenis penialaian, menentukan alokasi waktu, dan menetukan sumber belajar. Pihak-pihak yang terlibat dalam RPP adalah siswa, pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Narasumber memberikan tugas kepada masing-masing guru untuk merancang RPP tematik Matematika di akhir pemaparan. Setiap peserta membuat 1 RPP secara berkelompok, masing-masing terdiri 6 orang. Setiap kelompok membuat RPP untuk 1 subtema yang terdiri atas 6 pembelajaran. Setiap peserta membuat 1 RPP (kelas 4 membuat 5 RPP tematik terpadu dan 1 RPP Matematika).

Pemaparan materi berakhir pukul 10.59 WIB, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya, mengkritisi, atau meminta penjelasan ulang.