KKKS dan FKKG Kecamatan Ngadirojo Gelar Sosialisasi Asesmen Nasional

Pemerintah Indonesia tahun 2021, melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia akan melakukan pemetaan mutu di setiap satuan pendidikan, setiap jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh wilayah Indonesia.

KKKS bersama FKKG Kecamatan Ngadirojo kembali hadir di kegiatan webinar  yang merupakan rangkaian acara Hardiknas dengan tema “Sosialisasi Asesmen Nasional (AKM) Tahun 2021” Jumat, 16/4/2021 secara live streaming melalui youtube Bidik Ngadirojo, dengan tujuan meningkatkan pemahaman guru dan siswa, terutama kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar tentang pengertian Asesmen Nasional (AKM) yang akan diselenggarakan tahun 2021.

Acara diawali  menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa dilanjutkan sambutan oleh Mulyadi,  selaku Ketua KKKS Kecamatan Ngadirojo, sekaligus arahan berkaitan pentingnya memahami Asesmen Nasional (AKM) yang merupakan hal baru, sehingga dibutuhkan adanya pemahaman bersama baik dari Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan orangtua. Kegiatan ini juga diikuti oleh orang tua dan siswa khususnya kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar. Selain sosialisasi Asesmen Nasional (AKM), akan disampaikan kejuaraan lomba pembuatan video pembelajaran dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Harapannya kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat meskipun dilaksanakan melalui vicon/ daring.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber Pengawas SD/MI Kecamatan Ngadirojo, M. Fahrudin dan Tri Wahyu Hartanto. M. Fahrudin, memaparkan bahwa Asesmen Nasional (AKM) mengukur tentang literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif, survei karakter sebagai hasil belajar sosial-emosional yaitu terbentuknya Profil Pelajar Pancasila, survei lingkungan belajar untuk mengetahui karakteristik input dan proses pembelajaran yaitu iklim belajar dan iklim satuan pendidikan. Asesmen Nasional digunakan untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan, dan sekaligus menghasilkan informasi untuk perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan kompetensi siswa. Sebelum mengakhiri materinya beliau memberikan semangat dengan ucapan  “bekerjalah dengan niat ibadah, sehingga dapat melaksanakan kewajiban, tugas, dan fungsi sebagai guru, kepala sekolah, pengawas dapat berjalan dengan baik tanpa ada prasangka buruk”.

Narasumber kedua Tri Wahyu Hartanto, menyampaikan bahwa Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar serta iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Waktu pengerjaan Asesmen Nasional untuk jenjang Sekolah Dasar selama dua hari, hari pertama Tes Literasi (75 menit) dan Survei Karakter (20 menit), kedua Tes Numerasi (75 menit) dan Survei Lingkungan Belajar (20 menit).

Kegiatan ditutup moderator Choirul Fadhi Pradian Putri, guru SDN 1 Ngadirojo, dilanjutkan pengumuman hasil lomba yang disampaikan  oleh Mulyadi, dengan membacakan berita acara hasil penilaian lomba pembuatan video pembelajaran yang telah ditandatangani oleh dewan juri, dengan hasil sebagai berikut :

Juara I Sri Parmini guru SDN 2 Ngadirojo Lor menerima Rp 1.500.000,00. Juara II Ika Permatasari guru SDN 1 Gemawang menerima Rp 1.200.000,00. Juara III Argita Imanning Tyas guru SDN 1 Mlokowetan menerima Rp 1.000.000,00. Juara Harapan I Yuyun Ambarwanto guru SDN 2 Ngadirojo menerima Rp 700.000,00. Juara Harapan II Ayu Prasetyaningrum guru SDN 2 Ngadirojo Lor menerima Rp 600.000,00. Juara Harapan III Purwanto guru SDN 5 Gedong menerima Rp 500.000,00 Sebagai uang pembinaan  serta mendapatkan piagam.

Acara diakhiri oleh host Natalia Prabandari guru SDN 1 Gedong dan Nanang Sarul Sani guru SDN 4 Kerjo Lor dengan himbauan bagi siswa untuk menyaksikan acara Ramadhan Ceria yang diadakan secara live streaming melalui channel youtube Bidik Ngadirojo setiap hari setelah ashar selama bulan ramadhan.