KKKS dan FKKG Kecamatan Ngadirojo Gelar Grand Opening Kegiatan 2021

Awal tahun ini, KKKS dan FKKG  Ngadirojo mengadakan kegiatan akbar dengan mengadakan pembukaan kegiatan peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan pada hari Jumat (5/2/2021) secara virtual dengan menggunakan Microsoft Teams. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Ibu Yuli Bangun Nursanti. Beliau hadir untuk membuka sekaligus memberikan arahan terkait pelaksanaan KKG maupun KKKS yang akan dilaksanakan ± 8 bulan ke depan.

Pembukaan ini diawali dengan sambutan oleh ibu Suharti selaku Korwilcam Bidik Ngadirojo, Beliau menyampaikan himbauan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat dimanapun berada dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus korona, serta selalu menerapkan 5M sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Beliau juga menyampaikan meskipun di tengah pandemi, kita tidak boleh lengah, dan harus tetap semangat dalam melaksanakan kegiatan terutama dalam bidang pendidikan. Maka dari itu sebagai Korwilcam Bidik Ngadirojo Beliau mendukung sepenuhnya seluruh kegiatan KKG dan K3S yang telah direncanakan meskipun dengan sistem daring, diakhir sambutannya Beliau kembali menegaskan untuk senantiasa tetap jaga kesehatan dan tetap semangat kepada seluruh bapak ibu guru khususnya di Ngadirojo.

Acara kedua dilanjutkan dengan sambutan dan arahan sekaligus membuka kegiatan KKKS dan KKG di Kecamatan Ngadirojo oleh ibu Yuli Bangun Nursanti. Beliau memberikan apresiasi yang luar biasa untuk Ngadirojo, terutama keberhasilan dalam perkembangan teknologi, semoga hal ini bisa menjadi motivasi untuk kecamatan yang lain agar terus berkembang dan maju.

Pandemi ini menjadikan tuntutan bagi kita dengan berjalannya new normal, di mana kita harus mampu untuk menghadapi bencana dengan melakukan adaptasi terutama dalam peningkatan mutu pendidikan. Kompetensi guru harus selalu dilatih agar bisa diterapkan untuk mendidik dan mengajar anak didik, dengan dimulai dari diri sendiri, kemudian lingkungan sekitar. Empat Kompetensi guru dalam satu tahun akan direncanakan kegiatan PKG, yang didalamnya berisi:  Pertama adalah pengembangan diri. Dalam pengembangan diri ini harus dilaksanakan diklat fungsional. Kedua  adalah publikasi ilmiah dan terkahir adalah karya inovasi

Kegiatan KKG bukanlah kegiatan ceremonial, maupun formalitas, namun kegiatan ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan berbagai kompetensi guru dalam menghadapi perkembangan zaman yang saat ini berkembang secara pesat.

Ibu Retno Puspito Rini, selaku Kabid PTK menambahkan bahwa KKG bukan hanya untuk kepentingan guru  namun juga kepentingan peserta didik. Beliau juga menyampaikan beberapa hal antara lain dihapusnya Ujian Nasional yang digantikan dengan AKM serta kemampuan siswa dalam menghadapi keterampilan abad 21. Ditambahkan jika guru terus belajar akan berdampak positif bagi para siswanya, maka dari itu guru harus terus belajar dan mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Selain itu Bapak Stefany selaku Kasi PTK memberikan tambahan agar seluruh CPNS  baru yang ada di Ngadirojo untuk bisa segera beradaptasi dan membantu kemajuan pendidikan di Ngadirojo.

Diakhir sesi, ketua KKKS Bapak Mulyadi memberikan arahan kegiatan yang akan dilaksanakan selama KKG tahun 2021 ini, beliau juga memberikan motivasi untuk guru-guru GTT agar terus semangat dalam pelaksanaan pembelajaran.

Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga mewujudkan pendidikan di Indonesia khususnya di Ngadirojo menjadi lebih maju dan menghantarkan putra putrinya menjadi orang yang sukses, berprestasi dan berbudi pekerti unggul.

FKKG dan KKKS Ngadirojo #MajuBarengLuwehGayeng