KKKS dan FKKG Batuwarno Kolaborasi dengan Wekiddo Maksimalkan PJJ

KKKS dan FKKG Kecamatan Batuwarno, kembali gelar kegiatan virtual melalui Zoom (Rabu, 3/3/2021). Kegiatan ini bekerja sama dengan Wekiddo bersama narasumber William Chandra dimulai pukul 08.00 WIB. Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk memaksimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Heri Hartanto selaku pengawas SD/MI Kecamatan Batuwarno yang memprakarsai kolaborasi, membuka kegitan dengan mengimbau kepada peserta vicon agar menyimak dengan sungguh-sungguh sampai selesai.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi masih harus dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan peserta didik. Untuk itu perlu inovasi agar pelaksanaan PJJ dapat berjalan maksimal. Kolaborasi dengan Wekiddo diharapkan mampu memberi kemudahan dalam pelaksanaan PJJ.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari narasumber, William Candra. Beliau menjelaskan tentang aplikasi Wekiddo, yaitu aplikasi yang mampu “memindahkan” kegiatan belajar di sekolah dalam smartphone. Melalui Wekiddo guru dapat mengunggah semua materi pembelajaran ke dalam smartphone yang dapat diakses oleh seluruh siswa, kemudian guru juga dapat memberikan tugas dan proyek yang harus dikerjakan siswa di rumah. Sesuai dengan topik mata pelajaran, guru dapat memberikan soal latihan kepada anak didik. Wekiddo juga memberikan akses kepada orang tua untuk memantau seluruh kegiatan belajar mengajar yang berjalan melalui smartphone. Aplikasi ini sebagai jembatan dan media interaksi antara sekolah, guru, siswa, dan orang tua yang sangat mudah digunakan dan diakses. Untuk penggunaan aplikasi Wekiddo sendiri bagi sekolah, guru, siswa dan orang tua tidak dikenakan biaya. Wekiddo memiliki fitur yang sangat bermanfaat, seperti guru dapat memberikan tugas-tugas kepada siswa yang dapat dikerjakan di rumah. Orang tua siswa pun dapat memonitoring secara online, mulai dari kehadiran anak sampai memantau nilai-nilai belajar mereka. Narasumber juga menjelaskan tahapan agar sekolah dapat bergabung di Wekiddo.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab tentang penggunaan aplikasi Wekiddo. Wiliiam Chandra sebagai narasumber menawarkan untuk  terus memberikan bimbingan apabila masih ada yang belum jelas tentang aplikasi Wekiddo. Acara berlangsung sukses dengan peserta yang antusias mengikuti samapi selesai. Kolaborasi dengan Wekiddo ini semoga memberi manfaat dan perubahan ke arah yang lebih baik bagi pendidikan di Kecamatan Batuwarno.