KKG Yudhistira Selogiri Gelar Webinar Pengembangan RPP PJJ

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Yudhistira Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri menggelar pertemuan rutin KKG pada Sabtu (13/2/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Microsoft Teams yang diikuti oleh seluruh guru kelas Gugus Yudhistira Kecamatan Selogiri.

Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan Host Harry Wibowo dan moderator Darmaji. Host mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta yang masuk meeting room sekaligus menyampaikan tata tertib kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara. Acara diawali dengan ucapan selamat datang oleh Ketua KKG Gugus Yudhistira, Darmaji.Dalam sambutannya Darmaji mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, sehingga kegiatan video conference KKG Yudhistira Kecamatan Selogiri dapat terlaksana dengan lancar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Acara berikutnya adalah penyampaian materi yang disampaikan oleh Praptiningsih tentang Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh yang dipandu oleh moderator. Narasumber menyampaikan ada perubahan signifikan dalam pembuatan RPP oleh guru. Perubahan itu tak lain adalah penyederhanaan RPP yang hanya terdiri atas tiga komponen saja, meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran atau kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

Adapun Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh meliputi, Identitas RPP (nama sekolah, identitas mapel, kelas, semester, materi pokok dan alokasi waktu), Tujuan Pembelajaran (Kompetensi Dasar, Model Pembelajaran, dan Indikator Pencapaian Kompetensi), dan Penilaian (penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Narasumber juga menyampaikan bahwa RPP PJJ dapat dilihat/ diunduh melalui portal pembelajaran yang dapat diakses melalui alamat https://portal.dinaspdank.wonogirikab.go.id/

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Yudhistira Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.