KKG Virtual Kecamatan Sidoharjo

LoPandemi Corona yang sampai saat ini belum berakhir membawa dampak yang sangat luar biasa dalam dunia pendidikan. Dengan belajar dari rumah dan bekerja dari rumah, kegiatan dilakukan secara dalam jaringan. Belajar dari rumah yang dilakukan dengan siswa melalui grup whatsapp, menyaksikan tayangan pendidikan di TVRI serta dengan mengikuti SiJaPin yang dilaksanakan oleh BPTIKP melalui microsoft teams.

Yang menjadi masalah selanjutnya adalah kegiatan peningkatan kompetensi guru yang biasanya dapat dilakukan dengan diklat, pelatihan, seminar, dan juga KKG, secara langsung tidak dapat dilakukan secara luar jaringan. Kegiatan tersebut juga hanya bisa dilakukan secara dalam jaringan. Sehingga dapat mematuhi anjuran pemerintah dan sekaligus dalam meningkatkan kompetensi.

Mengatasi permasalahan tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Saron Wonogiren yang dapat diikuti oleh seluruh pendidik di Kabupaten Wonogiri. Namun, muncul masalah baru, karena banyak guru di Kecamatan Sidoharjo yang belum mampu mengikuti dengan berbagai alasan. Sehingga Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Sidoharjo mengadakan KKG Virtual yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2020 ini untuk Meningkatkan Kompetensi di Tengah Pandemi Corona agar dapat menampung kelemahan guru-guru dengan penanganan lebih ke dalam skala kecil. Sehingga guru-guru jika masih ada kesulitan akan lebih cepat menemukan solusi.

KKG Virtual Kecamatan Sidoharjo di Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Sidoharjo cukup mendapat respon  baik dari sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan peningkatan kompetesi yang biasa dilakukan guru setiap pekan, hanya dilakukan secara dalam jaringan. Kegiatan ini bisa berdiri sendiri untuk tiap gugus, maupun secara gabungan se kecamatan.

 

Untuk permulaan diadakan penyebaran tutorial mengenai platform webex. Ini dilaukan juga secara online, yaitu penyebaran file melalui grup wa. Setelah beberapa waktu, dibuka room webex khusus untuk pengurus KKG, kemudian untuk semua anggota KKG. Latihan dimaksud untuk berlatih join webex. Dimulai dengan penyebaran link untuk pengunduhan aplikasi webex untuk hape android.

Ketika selesai mengunduh webex, dilakukan latihan join room webex. Tata cara join webex dengan menggunakan hp yaitu dengan klik aplikasi webex, kemudian klik join, masukkan meeting number, mengisi nama, lalu klik join. Sedangkan dengan menggunakan leptop dengan menuliskan meeting link di address bar di browser. Kemudian enter, lalu mengisi nama lalu klik join.

Setelah peserta masuk room, dijelaskan mengenai tata cara video conference, latihan menjadi petugas vicon dan pendalaman teknik mengelola webex secara umum. Dilakukan tanya jawab baik secara langsung melalui webex, dan lewat grup wa bagi yang belum bisa join webex.

 

Setelah dijadwalkan untuk mengadakan KKG Virtual, para peserta bisa join vicon. Kegiatan perdana dengan materi teknik pengelolaan webex yang disampaikan oleh Wahyu Widiati, S.Pd.SD dari SDN 1 Sidoharjo didampingi moderator Sulimah, S.Pd. dari SDN 1 Tempursari.  Kegiatan berjalan lancar dihadiri beberapa peserta, kemudian kegiatan yang juga direkam tersebut diunggah ke web dan youtube, link dishare ke peserta. Hal ini dimaksud agar jika ada peserta berhalangan mengikuti vicon dapat memutar ulang rekamannya

Kegiatan kedua diisi oleh Riyanto, S.Pd.I dengan tema pesona bulan Ramadhan penuh berkah di tengah pademi corona. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan tema teknik mengelola webex bagian 2 yang masih disampaikan oleh Wahyu Widiati yang merupakan salah satu instruktur VCT dan bertanggung jawab dalam kegiatan VCT terutama di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan Vicon KKG Virtual di Kecamatan Sidoharjo ini dirasakan sangat bermanfaat, dan dapat menggugah guru untuk melek IT. Ini dibuktikan semakin hari kegiatan KKG semakin bertambah peserta yang ikut join room webex. Untuk selanjutnya diharapkan kegiatan ini dapat berjalan sehingga kemampuan guru bertambah. Diharapkan pula daerah kecamatan lain juga mengikuti kegiatan di Sidoharjo. (WW)