KKG Virtual Gugus Bima Selogiri Kupas Tuntas Pengembangan Instrumen Penilaian

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Bima Kecamatan Selogiri mengadakan Kegiatan KKG secara virtual melalui Microsoft Teams (Jum’at, 26 Maret 2021). Peserta terdiri dari unsur kepala sekolah dan guru se-Gugus Bima. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB oleh Rohyati sebagai moderator. Kegiatan diawali dengan menyapa para peserta yang masuk meeting room sekaligus membacakan susunan acara pada kegiatan tersebut. Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Gugus Bima Ibu Harti Winarsih. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, sehingga kegiatan virtual KKG Gugus Bima Kecamatan Selogiri ini dapat terlaksana dengan lancar, diharapkan melalui kegiatan KKG tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Selogiri.

Acara berikutnya adalah materi Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh yang disampaikan oleh narasumber Ibu Praptiningsih. Beliau menyampaikan bahwa tes prestasi  akademik penting dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan lembaga kependidikan untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, kemudian digunakan untuk mengambil keputusan atau umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat tes standar adalah: (1) menentukan tujuan tes; (2) menentukan acuan yang akan dipakai (kriteria atau norma); (3) membuat kisi-kisi; (4) memilih soal-soal dari kumpulan soal yang sudah ada sesuai dengan kisi-kisinya.Setiap peserta diwajibkan membuat tes tertulis sebagai tagihan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 2 jam, selama itu pula peserta mengikuti dengan penuh antusias. Memasuki sesi tanya jawab, berbagai pertanyaan disampaikan kepada narasumber baik melalui chat maupun secara langsung. Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui link yang telah dibagikan. Semoga kegiatan virtual KKG Gugus Bima Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Selogiri Tahun 2021 ini dapat memacu semangat dan kinerja para guru di Kecamatan Selogiri.