KKG Untung Suropati Giriwoyo Mengawali Kegiatan Kolektif Guru 2022

Kelompok Kerja Guru (KKG) Untung Suropati Giriwoyo menyelenggarakan pembukaan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) perdana 2022 pada Sabtu, 5 Maret 2022. Kegiatan dibuka oleh Ketua Gugus, Supriyanto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan agar menjadikan KKG sebagai wadah memenuhi kebutuhan guru dalam menjalankan tupoksinya. Beliau juga berharap agar pengurus KKG yang baru dan anggota dapat bersinergi untuk berkolaborasi dengan baik. Kegiatan kolektif guru KKG Untung Suropati bertempat di SD inti gugus sekolah, SD Negeri 1 Sirnoboyo, Giriwoyo. Pada KKG perdana ini diikuti oleh 31 dari 37 peserta yang seharusnya hadir.  Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 dan berakhir pukul 12.00 WIB. Kegiatan dipimpin oleh Febri Sumarianto, moderator sekaligus Ketua KKG Untung Suropati masa bakti 2021-2023.

Kegiatan kolektif guru diawali dengan uji coba penggunaan aplikasi presensi menggunakan barcode. Aplikasi ini dikembangkan oleh Sutrisno, Sekretaris KKG Untung Suropati. Aplikasi presensi ini akan mempermudah rekapitulasi kehadiran karena menggunakan barcode yang telah dibagikan melalui nomor WhatsApp masing-masing peserta. Harapan dari presensi menggunakan sistem barcode ini akan meningkatkan semangat peserta untuk hadir dalam kegiatan KKG Untung Suropati.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber, Suyatno. Beliau membawakan materi tentang administrasi pembelajaran. Beliau menyampaikan materi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Narasumber menjabarkan materi pembuatan RPP yang sesuai dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 14 tahun 2019. Beliau juga menjabarkan materi lengkap dengan pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Disela-sela penyampaian materi tentang RPP dan LKPD beliau juga menyinggung tentang pembuatan SKP dan pembuatan PAK Kenaikan Pangkat dan Tahunan. Beliau mengingatkan syarat berkas PAK Kenaikan Pangkat dan Tahunan yang diterima dan ditolak oleh tim penilai PAK.

Kegiatan diselingi dengan ice breaking menyanyikan tembang macapat Pocung. Kegiatan ice breaking dipimpin oleh Rila Pangesthi, seksi humas dalam kepengurusan KKG Untung Suropati. Tujuan kegiatan ini untuk membiasakan kembali guru menyanyikan tembang macapat.