KKG TK Slogohimo Selenggarakan Vicon Penyusunan RPP Masa Pandemi

KKG TK Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan kegiatan virtual melalui Video Conference dengan menggunakan platform Microsoft Teams hari Kamis, 18 April 2021. Kegiatan yang mengusung tema “ Penyusunan RPP TK di Masa Pandemi “ ini bertujuan menunjang pengetahuan guru TK di Lingkungan Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Slogohimo Kabupaten Wonogiri untuk tetap aktif berperan sebagai pendidik di masa pandemi. Pelaksanaan kegiatan KKG virtual ini dipandu oleh Astiatik Asih Subekti sebagai host dan Sari sebagai moderator.

 

Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Sebelum  acara inti KKG ini diawali dengan sambutan Ketua KKG terpilih periode 2021-2023 yaitu Ika Widyaningsih yang memberikan sambutan serta laporan susunan pengurus baru KKG TK Kecamatan Slogohimo.

Kasi PTK PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri Banu Darussalam dalam sambutannya beliau menyampaikan motivasi untuk Guru TK agar tetap bersemangat mendidik di masa pandemi dengan tetap mengembangkan enam aspek perkembangan anak usia dini serta menggunakan Kurikulum 2013 yang relevan dalam menyusun RPP.

Materi inti dalam vicon tersebut adalah penyusunan RPP TK di masa Pandemi Covid-19 disampaikan oleh Narasumber, Tri Haryani selaku Pengawas TK Kecamatan Slogohimo. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang dasar pembuatan RPP , Prinsip RPP, Kedudukan RPP dalam layanan Paud, manfaat RPP, Jenis RPP, Rambu – rambu penyusunan RPP, contoh materi pembelajaran, prosedur penyusunan RPPM yang disertai contoh RPPM dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami oleh peserta vicon.

Vicon tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam dan diikuti oleh para peserta dengan penuh semangat dan antusias. Terlihat adanya dialog interaktif antara penanya dan narasumber dan  saling bertukar pengalaman pembelajaran selama pandemic Covid-19 yang dilakukan dengan berbagai metode daring dan luring serta homevisit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Terima kasih kepada seluruh peserta dan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri yang telah memberi dukungan kepada Tim KKG TK Kecamatan Slogohimo sehingga acara vicon tersebut dapat berjalan dengan lancar.