KKG TK Gugus Kartini Slogohimo Kupas Strategi Menyusun Modul Ajar TK

Bertempat di gedung PWRI Kecamatan Slogohimo, Kelompok Kerja Guru TK Gugus Kartini Slogohimo menggelar kegiatan rutin KKG pada Selasa, 26 Juli 2022 tema “Strategi Menyusun Modul Ajar di TK” dengan narasumber Pengawas TK Korwilcambidik Slogohimo, Tri Haryani. KKG kali ini merupakan pertemuan yang istimewa karena selain dihadiri oleh guru TK wilayah Slogohimo juga dihadiri oleh Kepala Sekolah TK. Hal ini menunjukkan antusiasme pendidik Taman Kanak-Kanak di Slogohimo yang ingin belajar tentang penyusunan modul ajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Pelaksanaan KKG kali ini tidak sesuai dengan jadwal yang direncanakan melainkan maju sehari menyesuaikan agenda narasumber. 

Acara diawali dengan pembukaan oleh Dwi Muryani dari TK Handayani selaku pembawa acara pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Wartiliasari dari TK Ar Rahman untuk menambah semangat dan membangkitkan rasa nasionalisme peserta KKG. Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua KKG TK Gugus Kartini Slogohimo, Ika Widyaningsih. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas kesediaan peserta menghadiri kegiatan rutin KKG dan juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala TK yang berkenan hadir mengikuti kegiatan ini. Beliau berharap melalui kegiatan KKG ini para peserta tidak lagi bingung tentang penyusunan modul ajar dan segera menyusun modul ajar sebagai pegangan guru dalam proses kegiatan pembelajaran di TK masing-masing. Beliau juga berpesan agar semua peserta aktif menyimak dan bertanya bilamana ada hal-hal yang belum jelas. 

Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi “Strategi Menyusun Modul Ajar di TK” yang disampaikan oleh Tri Haryani selaku narasumber. Beliau memaparkan cara penyusunan modul ajar di TK. Penyusunan modul ajar di TK disusun dalam tiga bentuk yaitu berbasis buku, berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan intrasekolah. Masing-masing modul ajar ini berpusat pada tujuan pembelajaran yang tertuang dalam Elemen Capaian Pembelajaran dan Dimensi Elemen Profil Pelajar Pancasila dengan memperhatikan empat tema yang terdapat dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022, yaitu Aku Sayang Bumi, Aku Cinta Indonesia, Kita Semua Bersaudara, dan Imajinasi dan Kreatifitasku. Peserta sangat antusias dalam mengikuti dan menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber. Rasa keingintahuan para pendidik TK di Sogohimo tentang Modul Ajar sudah terjawab sehingga mereka puas dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. 

 

 ☺