KKG Teratai Wonogiri Kupas Tuntas e-Rapor

KKG Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri kembali menggelar kegiatan vicon ke-5 pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan pertemuan reguler secara virtual dengan memanfaatkan Microsoft Teams ini dilaksanakan pada Sabtu, tanggal 6 Maret 2021 dengan mengusung materi “e-Rapor”. Kegiatan vicon ini diselenggarakan oleh pengurus KKG Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri bekerjasama dengan Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Kecamatan Wonogiri. Peserta kegiatan yang bergabung dalam Microsoft Teams sebanyak 48 orang, yakni guru SD se-Gugus Teratai yang berasal dari sembilan sekolah dasar di Kecamatan Wonogiri dan juga ada peserta yang menggunakan satu akun secara bersama-sama.

Petugas yang menjadi penyelenggara pada pertemuan daring KKG Teratai Kecamatan Wonogiri adalah dari SD Negeri 1 Giripurwo, yakni Ratri Cahyaningrum selaku host dan Niken Windawati sebagai moderator. Adapun susunan acara terdiri dari pembukaan, penyampaian materi, tanya jawab, dan penutup. Sebelum pembukaan, Ratri Cahyaningrum menyapa para peserta, menyampaikan aturan/tata tertib dalam mengikuti kegiatan vicon, serta menyampaikan gambaran tentang kegiatan vicon. Pembukaan dilakukan oleh Niken Windawati dengan membaca basmallah bersama-sama. Penyampaian materi oleh Joko Susilo selaku narasumber dari Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Dalam paparannya, Joko Susilo menjelaskan bahwa e-Rapor merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang memudahkan guru dalam melakukan pengolahan nilai. Berbagai kemudahan dari perkembangan teknologi pendidikan khususnya e-Rapor jangan sampai membebani guru yang sudah berusia lanjut dalam melaksanakan penilaiannya. Jika guru tersebut mengalami kendala dalam pengolahan nilai di e-Rapor, sebaiknya ada kerjasama yang baik antarguru dan juga operator sekolah.

Paparan materi inti, Joko Susilo menjelaskan bahwa tugas awal guru di aplikasi e-Rapor di awal semester yaitu login pada aplikasi e-Rapor dan melakukan pemetaan kompetensi dasar serta melakukan perencanaan penilaian di kelas masing-masing. Input nilai bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dan dengan import dari daftar nilai yang sebelumnya sudah diunduh terlebih dahulu melalui aplikasi.

Semua tahapan pengerjaan e-Rapor dijelaskan secara detail oleh narasumber. Setelah selesainya paparan materi inti, narasumber melalui moderator memberi kesempatan kepada peserta vicon untuk mengajukan pertanyaan maupun minta penjelasan lebih lanjut dari narasumber. Pada sesi tanya jawab tersebut, beberapa orang peserta mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan penggunaan aplikasi ini.

Kegiatan vicon yang berlangsung sekitar dua jam tersebut berjalan dengan lancar dan tertib.  Moderator menutup acara dengan membaca hamdallah Bersama-sama. Selanjutnya, host mengingatkan kepada para peserta untuk mengaktifkan video untuk foto bersama dan meminta para peserta untuk mengisi daftar hadir melalui tautan yang sudah disiapkan. Materi e-Rapor selanjutnya akan diselenggarakan pada pertemuan berikutnya.