KKG Teratai Wonogiri Gelar Vicon Pemanfaatan Office 365 dalam Pembelajaran

KKG Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri menggelar kegiatan virtual melalui video conference menggunakan platform Microsoft Teams, Sabtu, 8 Agustus 2020. Kegiatan bertajuk “Pemanfaatan Office 365 dalam Pembelajaran” tersebut bertujuan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh khususnya bagi guru yang tergabung dalam komunitas KKG Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri dan di lingkungan Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Wonogiri pada umumnya. Selain itu, kegiatan vicon tersebut sebagai tindak lanjut dari program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri terkait fasilitasi akun Office 365 yang telah diberikan kepada satuan pendidikan dan para pendidik dari tingkat PAUD, SD dan SMP.

Kegiatan vicon yang berlangsung selama dua jam ini, diawali dengan sambutan dan pengarahan dari ketua KKKS Kabupaten Wonogiri, Mahmud Yunus, S.Pd. Dalam sambutannya, Mahmud Yunus, S.Pd menekankan pentingnya sinergitas para guru untuk membangun jejaring komunitas guna peningkatan layanan pendidikan dan peningkatan kompetensi melalui optimalisasi kegiatan di tingkat kelompok kerja di masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya, pemaparan tentang Pemanfaatan Office 365 dalam Pembelajaran oleh pemateri, Toyik Haryanto, S.Pd. Pelaksanaan kegiatan video conference dipandu oleh Gustanti Mandasari, S.Pd.SD sebagai moderator dan Ketua KKG Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri, Yoni Ernawanto, S.Pd.SD sebagai Host. Kegiatan tersebut diikuti oleh para guru dan kepala sekolah yang tergabung dalam Gugus Teratai baik yang masuk melalui akun Office 365 masing-masing maupun secara bersama-sama melalui tayangan LCD projector.

Toyik Haryanto, S.Pd  sebagai pemateri menekankan bahwa aktivasi akun Office 365 dan pengenalan fitur-fitur yang terdapat di Office 365 merupakan tahapan penting yang harus pahami dan dilaksanakan oleh para guru maupun satuan pendidikan. Tahapan berikutnya, diharapkan fasilitasi Office 365 tersebut dapat dimanfaatkan secara efektif sebagai sarana pendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Belajar Dari Rumah (BDR) serta kegiatan kolektif guru.

Dalam kegiatan ini juga didemontrasikan langkah-langkah pembuatan agenda meeting/pembelajaran daring dengan menggunakan Microsoft Teams, pembuatan link agenda meeting, pemanfaatan form Office, dan Onedrive. Melalui pemanfaatan Office 365 dalam pembelajaran tersebut diharapkan proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid 19 ini dapat terlaksana dengan efektif, makin menarik, dan menyenangkan.