KKG Prambanan Kembangkan Media Pembelajaran dengan Powerpoint

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara virtual menggunakan Google Meet pada Sabtu (9/4/2022). Tema kegiatan yaitu “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint sebagai Penunjang Pembelajaran”, yang dimulai pukul 10.00 sampai 13.00 WIB. Bertugas sebagai narasumber Deni Tri Hermawan, guru SD Negeri Plosorejo, host Ninik Rindawati, guru SD Negeri Plosorejo dan moderator Giyarsi, guru SD Negeri 1 Gebang. Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room ada 30 orang.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Pengawas Kecamatan Nguntoronadi, Nurhadi, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam kegiatan KKG ini diharapkan semua SD mengikutinya dan meramaikannya. Selain itu juga, bagi para guru yang sudah memiliki SIMPKB bisa mengikuti program guru penggerak agar dapat meningkatkan kompetensi sebagai guru di era digital ini. Beliau juga mengimbau supaya sekolah-sekolah untuk mengikuti dan memilih Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SIM PKB karena di tahun ajaran baru semua sekolah sudah diharuskan menggunakan Kurikulum Merdeka, dimana kurikulum tersebut besar manfaatnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita di masa mendatang.

Deni Tri Hermawan selaku narasumber pada KKG Gugus Prambanan menyampaikan materi tentang media Powerpoint yang merupakan jenis program dari internet yang digunakan untuk presentasi. Powerpoint ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan tugas dan promosi. Cara menggunakan padalah buka Ms.Office Powerpoint, double klik pada Powerpoint, akan muncul layar Powerpoint, lalu mulai menggunakan. Setelah selesai agar tampilan menarik bisa digunakan design yang menarik juga, save as dan masukkan ke dalam folder anda. Powerpoint agar terlihat menarik saat ditampilkan bisa kita design sebagus mungkin. Selain mendesainnya, Powerpoint dapat ditambahkan animasi yang lucu dan cantik misalnya picture (foto).

Peserta KKG mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias meskipun diselenggarakan secara virtual dan pada saat bulan puasaAda berbagai pertanyaan dari peserta selanjutnya dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi lebih paham. Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu dengan bantuan menggunakan media Powerpoint untuk menunjang pembelajaran kepada peserta didik.