KKG Prambanan Gelar Media Pembelajaran Sarana Mengembangkan Kreativitas Siswa

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi sukses menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara virtual dengan tema “Media Pembelajaran Sebagai Sarana Mengembangkan Kreativitas dan Pemahaman Peserta Didik”. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan Google Meet  yang diikuti anggota KKG Gugus Prambanan Kamis, 17 Maret 2022  pukul 10.00 WIB sampai selesai. Bertugas sebagai host dalam kegiatan Deni Tri Hermawan, guru SD Negeri Plosorejo dengan moderator Ninik Rindawati, guru SD Negeri Plosorejo. Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room ada 26 orang.

Giyarsi selaku narasumber menyampaikan materi tentang “Media Pembelajaran Sebagai Sarana Mengembangkan Kreativitas dan Pemahaman Peserta Didik”. Dalam paparannya, narasumber menyampaikan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga merangsang perhatian dan minat siswa untuk belajar. Media pembelajaran dapat digunakan untuk menciptakan kondisi belajar yang nyata, pesan yang abstrak menjadi pesan nyata. Manfaat media pembelajaran ini diantaranya meningkatkan perhatian siswa, motivasi siswa, meningkatkan efektifitas pembelajaran dan penyesuaian dengan tingkat perkembangan siswa. Macam-macam media pembelajaran terdiri dari Media Audio, Media Visual, Media Audio Visual, Media Serbaneka, Media Gambar Fotografi, Media Peta dan Globe.

Kegiatan KKG diakhiri dengan diskusi tanya-jawab antara pemapar dan peserta KKG terkait materi media pembelajaran yang disampaikan. Diskusi tanya-jawab berlangsung sangat interaktif dan inspiratif. Semoga dengan adanya materi ini, Guru semakin melek media pembelajaran dan tergerak mengaplikasikan media dalam proses pembelajaran. Mengingat media pembelajaran mempunyai banyak kelebihan, salah satunya yaitu pembelajaran menjadi lebih aktif, dapat menarik minat dan perhatian peserta didik sehingga materi yang disampaikan Guru dapat diterima peserta didik dengan mudah. Kemudian diskusi ditutup dengan bacaan Hamdallah.