KKG PJOK Wonogiri Siapkan RPP Pembelajaran Jarak Jauh

KKG PJOK Kecamatan Wonogiri menyelenggarakan pertemuan rutin yang kedua secara daring dengan fokus materi yang bertajuk “Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi” (Sabtu, 8 Agustus 2020). Kegiatan daring bertujuan agar guru peserta dapat membuat administrasi dan media pembelajaran yang tepat khususnya dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.

Paparan materi tentang Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi disampaikan oleh Sunarto, S.Pd, Pengawas PJOK Kecamatan Wonogiri. Kegiatan dipandu oleh Agus Wiyanto, S.Pd, Ketua KKG PJOK Kecamatan Wonogiri sebagai Host dan Pardi, S.Pd sebagai moderator bersama Sri Gunawan, S.Pd. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB yang diikuti oleh guru PJOK SD/MI se-Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Wonogiri.

Lebih lanjut, Sunarto, S.Pd menekankan bahwa muatan pembelajaran PJOK merupakan pembelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri yang tidak bisa disampaikan secara teoritis saja sehingga diperlukan upaya guru untuk mendesain pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan PJJ di masa pandemi saat ini. Berdasarkan Surat Edaran Menteri No.14 tahun 2019, dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif yang sederhana, memerdekakan, dan praktis tersebut meliputi 3 komponen, yaitu: Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian. Ketiga komponen itu, selama dirasa cukup, boleh dibuat hanya 1 halaman saja. Namun demikian, dalam penerapan pembelajaran tentunya harus menggunakan metode, model pembelajaran dan media yang tepat.

Sebagai contoh dalam penyampaian materi pembelajaran yang seharusnya dipraktikkan secara langsung di luar kelas/di alam terbuka seperti halnya pada saat pembelajaran tatap muka, namun dalam pembelajaran jarak jauh saat ini guru perlu menyiapkan media pembelajaran yang sesuai, misalnya menggunakan video pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh peserta didik di rumah masing-masing.

Selain itu, mata pelajaran PJOK pada saat ini sangat berkaitan dengan penerapan hidup sehat, karena dalam pokok materi dasar langsung tertera tentang kehidupan pola hidup sehat dan penerapan protokol kesehatan. Proses belajar dari rumah, orang tua memiliki fungsi yakni sebagai pendamping sekaligus contoh. “Peran orang tua tentu sangat besar sekali. Sebab guru tidak bisa mengawasi secara maksimal. Maka peran orang tua sangat besar dalam pembelajaran. Oleh karen itu, para guru hendaknya membangun komunikasi aktif dengan orang tua/wali siswa baik melalui grup Whatsapp maupun komunikasi secara langsung secara berkala.

Pada pertemuan daring juga dibuka sesi tanya jawab dan sharing/berbagi pengalaman antar guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, khususnya terkait dengan perencanaan pembelajaran dan media yang digunakan di sekolahnya masing-masing. Pada akhir sesi kegiatan, tiap peserta mendapat tugas untuk membuat RPP PJJ dengan pemilihan media pembelajaran yang sesuai di masa Pandemi Covid-19 ini.