KKG PJOK SD Kecamatan Wonogiri Lanjutkan Sosialisasi Pemanfaatan E-Rapor

Kelompok Kerja Guru (KKG) PJOK Kecamatan Wonogiri di masa pandemi Covid-19 ini, sukses menyelenggarakan kegiatan secara luring menerapkan protokol kesehatan dengan materi pemanfaatan e-rapor (Kamis, 25/3/2021). Kegiatan diikuti oleh seluruh guru PJOK se-Kecamatan Wonogiri baik guru PNS maupun Non PNS yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama pukul 08.30-09.30 WIB dan sesi kedua 10.00-12.00 WIB.

Acara diawali sambutan oleh host Agus Wiyanto selaku Ketua KKG dengan bacaan Bismillah bersama seluruh peserta. Kemudian acara dipandu oleh moderator Pardi selaku Wakil Ketua KKG. Sebelum memulai kegiatan, ada sambutan dari Sunarto selaku Pengawas PJOK Kecamatan Wonogiri dan selanjutnya kegiatan diserahkan kepada narasumber, yaitu Sri Gunawan.

Narasumber memberikan pengarahan tentang pentingnya mengoperasikan e-rapor. Era globalisasi membuat banyak orang berpikir untuk menggunakan segala sesuatu yang berdasarkan pada hal-hal elektronik. Alasan utamanya adalah dapat membantu dan meningkatkan kinerja. Setiap instansi, dan segala bidang pekerjaan pada umumnya telah menggunakan aplikasi. Tujuannya  agar dapat mengolah data dengan mudah dan cepat. Tidak ketinggalan dalam bidang pendidikan pun sering menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk membantu kinerja para pendidik atau guru.

Rapor adalah salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari instansi yang bergerak di bidang pendidikan. Untuk proses pembuatan atau pengerjaan rapor bermacam-macam, mulai dari proses yang manual sampai dengan proses yang menggunakan perangkat lunak, sehingga dibutuhkan perangkat lunak yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Maka, dengan melihat realita sekarang ini, jelas dibutuhkan suatu sarana yang dapat mengimbangi dan meningkatkan kinerja para guru dan karyawan pada instansi pendidikan khususnya sekolah. Untuk itu sebuah aplikasi rapor elektronik (e-rapor) diharapkan dapat menjawab kebutuhan saat ini.

Syarat dapat mengerjakan e-rapor, laptop guru harus tersambung dengan laptop dari Dapodik. Sebelum memasukan nilai, guru perlu membuat kerangka penilaian sesuai KD di Ulangan Harian, PTS, dan PAS. Blangko format penilaian bisa diunduh pada aplikasi e-rapor. Kemudian dilanjutkan mengisi nilai siswa pada tabel penilaian yang telah diunduh. Proses input nilai dilakukan pada setiap mata pelajaran (tidak bisa per tema). Pengolahan nilai tidak bisa dilakukan per tema tetapi per KD. KD yang digunakan sesuai dengan Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018. Pengolahan nilai pada KI 3 dan KI 4 itu sama.

Tujuan dari sosialisasi e- rapor ini adalah  guru mata pelajaran dan guru kelas dapat melakukan pengolahan nilai rapor dalam waktu yang singkat. Memudahkan guru dalam mendeskripsikan setiap mata pelajaran yang ada, mengintegrasikan nilai-nilai setiap aspek penilaian dengan kalkulasi yang sangat akurat, meminimalkan kesalahan penulisan seperti pada penulisan rapor manual, dan guru dapat melakukan perbaikan jika terdapat kekeliruan data pada penilaian. Di samping itu hasil yang diharapkan dari pemanfaatan e-rapor adalah guru dapat menggunakan aplikasi dengan baik, guru dapat mensinkronkan dokumen penilaian harian, penilaian tengah semester serta penilaian akhir semester ke dalam aplikasi e-rapor, guru dapat menginput data-data siswa secara lengkap dan pada akhirnya  guru dapat membuat laporan hasil belajar dengan akurat. Setelah pemaparan selesai, sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Usai tanya jawab diakhiri dengan kesimpulan materi sesi tanya jawab serta kesimpulan akhir kegiatan KKG. Kegiatan KKG ditutup pukul 12.15 WIB.