KKG PJOK Pracimantoro Selenggarakan Sosialisasi E-Rapor

Pengurus KKG PJOK Pracimantoro sukses menyelenggarakan sosialisasi E-Rapor. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh guru seluruh Guru PJOK Pracimantoro secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Kamis (18 Maret 2021). Acara ini menggiatkan kembali program kerja KKG. Masa pandemi Covid-19 menuntut kegiatan rutin dan pengembangan yang diprogramkan oleh guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan secara virtual. Pengurus KKG PJOK Pracimantoro memandang perlu membekali materi khusus tentang bagaimana menyusun E-Rapor karena tahun ini jenjang SD sudah wajib untuk menggunakan E-Rapor.

Kegiatan ini berlangsung pukul 08.00–11.00 WIB. Pertemuan dibuka oleh Ketua KKG, Ratmono. Kemudian acara dipandu oleh David Anggar Kusuma sebagai host dan Sarwadi sebagai moderator. Sebagai narasumber, Mochamad Mustofa Kumbara, menekankan bahwa pengerjaan rapor sudah dikuasai oleh guru karena setiap semester guru sudah melakukannya pada aplikasi. Mengerjakan E-Rapor memerlukan jaringan internet dan spesifikasi laptop disarankan minimal RAM 2 GB (win 32 bit atau 64 bit). Namun untuk kelancaran dalam mengerjakan baiknya menggunakan laptop dengan spesifikasi di atasnya. Sebelum mengerjakan E-Rapor perlu memperhatikan validitas data peserta didik. Hal ini diperlukan agar nanti saat mengerjakan E-Rapor tidak terkendala kesalahan data peserta didik.

Tahap awal pengerjaan E-Rapor memerlukan 2 admin, yang terdiri atas satu orang operator Dapodik dan satu guru kelas atau guru mata pelajaran. Admin bertugas menyiapkan ruang untuk digunakan guru dalam pengisian nilai dan data. Sebelum pengisian nilai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain kesesuaian SK/KD, jumlah ulangan harian dalam setiap mata pelajaran, KD yang masuk pada PTS dan PAS, dan nilai siswa.

Pengerjaan awal E-Rapor difokuskan semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pemilihan kurikulum disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di setiap satuan pendidikan, bisa menggunakan kurikulum nasional (sesuai permendikbud no 37 tahun 2018), kurikulum kondisi khusus, ataupun kurikulum penyederhanaan yang disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan. Setelah pemaparan selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya-jawab yang dipimpin oleh moderator Sarwadi. Kegiatan diakhiri dengan kesimpulan sesi tanya jawab serta kesimpulan akhir kegiatan KKG. Acara ditutup pada pukul 11.00 WIB.