KKG PJOK Kecamatan Wonogiri Gelar Webinar Pengembangan RPP PJJ

Awal tahun 2021 ini masa pandemi covid-19 juga belum selesai sehingga kegiatan pembelajaran masih menggunakan sistem daring. Begitu pula pertemuan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), pelaksanaannya pun dengan sistem daring.

Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kecamatan Wonogiri menggelar pertemuan rutin KKG pada Kamis (11/2/2021). Kegiatan ini di laksanakan secara daring dengan menggunakan platform Microsoft Teams yang diikuti oleh seluruh guru PJOK SD se-Kecamatan Wonogiri baik guru PNS maupun yang masih GTT.

Kegiatan pertemuan rutin daring KKG tersebut baru pertama kali diselenggarakan oleh pengurus KKG PJOK Kecamatan Wonogiri. Kegiatan di awal tahun 2021 ini mengambil materi tentang Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ada perubahan signifikan dalam pembuatan RPP oleh guru. Perubahan itu tak lain adalah penyederhanaan RPP yang hanya terdiri atas 3 komponen saja, meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran atau kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

Adapun Format RPP PJJ meliputi, Identitas RPP (nama sekolah, identitas mapel, kelas, semester, materi pokok dan alokasi waktu), Tujuan Pembelajaran (Kompetensi Dasar, Model Pembelajaran, dan Indikator Pencapaian Kompetensi), dan Penilaian (penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan).

Sebelum adanya kebijakan ini diterapkan, tentu kita sama-sama merasakan penyusunan RPP yang sangat runtut. Ada keharusan mencantumkan 13 komponen dalam RPP. Bukan hanya itu, untuk tiap-tiap komponen kadang juga diperdebatkan, seperti contoh, pada langkah-langkah pembelajaran, ada yang cukup dengan 2 (dua) kolom terdiri atas kegiatan pembelajaran dan alokasi waktu. Namun ada juga pihak yang menuntut harus detail, mencakup apa saja aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Keadaan tersebut kadang malah membuat guru terjebak pada rutinitas administrasi. Padahal esensi yang sebenarnya adalah bagaimana guru melaksanakan aktivitas mengajar di depan kelas. Dan faktanya guru yang mampu membuat administrasi RPP yang sangat lengkap, belum tentu mampu mengimplementasikannya pada kegiatan pembelajaran riil dengan baik.

Kegiatan pertemuan rutin KKG PJOK Kecamatan Wonogiri yang diselenggarakan berjalan dengan baik. Muncul beberapa pertanyaan peserta kegiatan yang membuat diskusi menjadi lebih menarik.