KKG PJOK Jatiroto Mengenal Lebih Dekat Aplikasi E-Rapor

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang aplikasi e-rapor bagi guru, Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Wiyata Utama Kecamatan Jatiroto menyelenggarakan pertemuan secara luring pada Selasa, 30 Maret 2021. Kegiatan diselenggarakan di SDN 2 Dawungan, Kecamatan Jatiroto dengan menerapkan protokol kesehatan. Narasumber pada materi KKG kali ini adalah Agus Ananto, Tim Kreatif Kecamatan Jatiroto.

Pada kata pembukaan, Ketua KKG PJOK Wiyata Utama Kecamatan Jatiroto, Benny Aris Irianto menyampaikan tujuan dari materi KKG ini yaitu agar guru PJOK dapat mengenal lebih dekat aplikasi e-rapor. “Dengan pertemuan luring kita dapat praktik  secara langsung dengan pendampingan oleh narasumber, harapannya akan memudahkan untuk mengenal dan memahami e-rapor”, pungkas Benny. Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri telah menyelenggarakan sosialisasi secara serentak dengan narasumber dari pengembang e-rapor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 13 Januari 2021 melalui kanal Youtube P&K Wonogiri Official.

Hadir juga pada kegiatan ini, Dwi Agus Muji Supanta, selaku Pengawas PJOK Kecamatan Jatiroto. “Era digital sekarang ini, saya berharap guru PJOK di Jatiroto tidak ketinggalan zaman. Mari semua proaktif untuk mempelajari aplikasi e-rapor demi kelancaran proses perencanaan, pengolahan dan pelaporan penilaian hasil belajar peserta didik”, ungkap Dwi Agus Muji Supanta.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber, Agus Ananto. Beliau mengawali materi dengan menyampaikan, “Aplikasi e-rapor diluncurkan oleh Kemendikbud untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA maupun SMK, dengan tujuan memudahkan kerja guru. Selama ini penilaian dilakukan secara manual, yaitu guru menuliskan rapor dengan menggunakan tinta pulpen”.

Aplikasi yang terkoneksi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) ini memiliki 3 akses masuk, yaitu sebagai admin, guru dan wali kelas yang memiliki fitur berbeda-beda. Untuk guru mata pelajaran PJOK nanti akan masuk ke aplikasi e-rapor sebagai guru dengan username dan password yang telah disediakan oleh admin tiap sekolah. Setelah berhasil login akan tampil pada layar fitur-fitur e-rapor yang dimiliki oleh guru PJOK.

Manajemen penilaian oleh guru PJOK dimulai dengan mapping Kompetensi Dasar (KD) bertujuan untuk menentukan KD yang diajarkan pada semester 1 dan 2. Ringkasan deskripsi KD juga perlu diedit agar tidak lebih dari 60 karakter. Setelah KD berhasil terpetakan, langkah selanjutnya adalah menyusun rencana penilaian. Selanjutnya pada akhir semester guru PJOK akan menginput nilai, memproses deskripsi lalu diselesaikan dengan mengirimkan nilai. Ada beberapa alur kerja yang dapat dilakukan secara offline dengan memanfaatkan fitur import dan export file excel pada aplikasi e-rapor, yaitu mapping KD dan input nilai.

Materi disampaikan oleh narasumber dengan jelas dan sistematis. Antusias peserta yang tinggi terlihat pada sesi diskusi dan tanya jawab, nampak beberapa peserta mengajukan pertanyaan pada narasumber. Kegiatan selesai dan diakhiri pada pukul 12.00 WIB.