KKG Penjasorkes Kecamatan Purwantoro Memanfaatkan RPP di Portal Pendidikan

Pandemi Covid-19 yang terjadi belum juga selesai, sehingga dalam pembelajaran di sekolah masih menggunakan sistem daring atau bisa disebut juga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  Hal ini merupakan sebuah tantangan bagi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes) di Kecamatan Purwantoro untuk melakukan pembelajaran tersebut. Kelompok Kerja Guru (KKG) Penjasorkes Kecamatan Purwantoro menggelar pertemuan KKG untuk pertama kali di tahun 2021 pada Kamis, 18 Februari 2021. Kegiatan ini di laksanakan secara luring dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan yang diikuti oleh seluruh guru Penjasorkes SD se-Kecamatan Purwantoro baik guru PNS maupun yang masih GTT.

          

Materi pada kegiatan ini tentang penggunaan RPP di Portal Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Warsino, selaku Pengawas Penjasorkes hadir memberikan sambutan dan pengarahan di Korwil kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro. Beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan PJJ yang sedang berlangsung, yaitu dalam pelaksanaan PJJ guru Penjasorkes agar memberikan tugas sesuai dengan RPP yang sudah dibuat dan dikembangkan secara mandiri dan inovatif, sehingga siswa dalam mengikuti pembelajaran tidak mudah bosan. Pemberian materi dan tugas agar tidak membebani siswa. Beliau juga menyampaikan arahan agar semua guru tetap menyusun administrasi pembelajaran secara tertib dan lengkap. Selain itu, beliau memberikan motivasi kepada guru Penjasorkes agar mengikuti pelatihan untuk pengembangan diri, sehingga mampu melaksanakan PJJ dengan baik di masa pandemi ini.

Sumarsono, selaku ketua KKG Penjasorkes sekaligus narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan materi penggunaan RPP yang ada di portal Pendidikan Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri untuk menjadi acuan dalam melaksanakan PJJ Penjasorkes di Kecamatan Purwantoro. RPP tersebut terdiri dari identitas sekolah, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian serta LKPD yang diberikan kepada siswa. Penggunaan RPP tersebut harus dikembangkan secara mandiri dan disesuaikan dengan keadaan siswa di masing-masing sekolah serta menghimbau agar RPP PJJ sebaiknya selalu di administrasikan di sekolah agar tertata dengan baik. Penggunaan fasilitas Microsoft Teams Office 365 yang diberikan oleh Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri harus digunakan oleh guru Penjasorkes untuk berinteraksi dengan siswa dalam penerapan RPP PJJ, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik dan maksimal. “Diharapkan dengan penggunaan RPP di portal pendidikan dapat membantu guru untuk melaksanakan PJJ dengan sebaik-baiknya. Mari kita tingkatkan kapasitas diri sebagai guru Penjasorkes yang mampu menghadapi tantangan pembelajaran di masa pandemi ini.” Tambahnya.