KKG PAUD (KB, TPA dan SPS) Susun Kurikulum PAUD Berkarakter

KKG KB/TPA/SPS Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan di Distrik Wuryantoro sebagai akhir dari kegiatan road show (Jumat, 23 April 2021). Pada pertemuan ini hadir Kepala Seksi PTK PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Banu Darusalam, Penilik PAUD Dabin Kecamatan se-Distrik Wuryantoro, Ketua Pengurus Daerah Himpaudi Kabupaten Wonogiri, dan seluruh pendidik KB/TPA/SPS se-Distrik Wuryantoro. Untuk memeperlancar acara tersebut room meeting dibuka mulai pukul 07.30 WIB, diawali dengan sapa pagi dari para pembawa acara yang penuh semangat sehingga menambah antusias para peserta yang bergabung di microsoft teams dan tepat pukul 08.30 WIB acara dimulai.

Sejak launching Senin, 1 Maret 2021 lalu secara live melalui room meeting micrososft teams diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri terus mengadakan kegiatan secara rutin. KKG (Kelompok Kerja Guru) PAUD khususnya KB (Kelompok Bermain), TPA (Taman Pendidikan Anak) dan SPS (Satuan PAUD Sejenis) Kabupaten Wonogiri melaksanakan road show KKG dengan materi paket 1 “Perencanaan Pembelajaran PAUD”. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 kali pertemuan di setiap distrik se-Kabupaten Wonogiri, dengan total 20 pertemuan selama 2 bulan.

Sambutan pertama dari perwakilan Penilik Distrik Wuryantoro, Guna Handayani menyampaikan bahwa sebagai tim pengendali mutu dan evaluasi program PAUD, siap mendukung kegiatan KKG, dan sangat mengapresiasi semangat para pendidik KB/TPA/SPS yang dikiaskan sebagai semangat “tingkat dewa”. Beliau menegaskan dalam penyusunan kurikulum harus melihat kondisi nyata di lapangan.

Kepala Seksi PTK PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Banu Darussalam menyampaikan bahwa, selain KKG merupakan pusat peningkatan kompetensi, juga merupakan ajang koordinasi dan komunikasi antara pendidik dan penilik. Beliau juga mengingatkan kepada seluruh peserta KKG untuk segera menyusun dokumen kurikulum di tahun pelajaran mendatang agar dapat segera disahkan. Setelah itu, Ketua Pengurus Daerah Himpaudi Kabupaten Wonogiri, Suparmanto juga memberikan semangat dan motivasi kepada seluruhe pendidik untuk aktif dan mengikuti kegiatan KKG, beliau juga menyampaikan bahwa kurikulum adalah roh suatu lembaga yang mempunyai kekhasan dan kearifan lokal masing-masing.

Narasumber pada KKG ini memaparkan materi kurikulum PAUD dokumen 2, yaitu perencanaan pembelajaran di masa pandemi, mengedukasi orang tua di masa pandemi, dan penyusunan kurikulum dokumen 1. Sri Hartati juga menyampaikan dalam menyusun kegiatan, anak adalah pusat dan tujuan kurikulum itu sendiri, dengan menyajikan kegiatan yang menarik, aktif, menantang dan bermakna. Beliau juga mengingatkan kepada pendidik PAUD untuk mengurangi penggunaan Lembar Kerja (LK) yang tidak sesuai dengan cara belajar anak usia dini. Namun untuk selalu menyusun kegiatan bermain dengan pendekatan saintifik, memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar anak dan di sekitar lembaga. Dalam pemaparan materi kurikulum PAUD dokumen 2, juga dititik beratkan pada pengembangan anak dalam aspek sikap yang harus banyak dibangun di usia emas, melalui pembiasaan dan keteladanan sehari-hari. Menanamkan karakter pada anak itu jauh lebih utama dibanding dengan pengetahuan-pengetahuan anak semata.

Kegiatan ini diakhiri pada pukul 11.00 WIB, dengan diskusi dan tanya jawab peserta, penjelasan tugas dan informasi kegiatan selanjutnya, yang akan dilaksanakan di awal Mei setelah libur hari raya Idul Fitri.