KKG PAIBP Jatipurno Gelar Sosialisasi Penyusunan RPP dan SKP

Rasa syukur tiada terkira terpancar dari antusias anggota KKG PAIBP Jatipurno yang menghadiri kegiatan sosialisasi penyusunan RPP dan SKP. Kegiatan ini diselenggarakan di aula SD Negeri 1 Balepanjang pada Rabu, 9 Februari 2022. Pertemuan ini mempererat kembali tali persaudaraan antaranggota KKG guru PAIBP Jatipurno yang telah lama tidak bertatap muka karena pandemi mengharuskan penyelenggaraan hanya secara virtual.
Pelaksanaan KKG Sosialisasi Penyusunan RPP dan SKP secara tatap muka ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Sebelum memasuki ruangan sudah dilakukan pengecekan suhu, cuci tangan pakai sabun, mengunakan masker, dan menjaga jarak. Kegiatan ini dihadiri oleh Nur Khasanah selaku Pengawas PAI, Lardi sebagai narasumber materi RPP, Paryanti sebagai narasumber materi SKP, dan seluruh guru PAIBP wilayah Jatipurno.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang guru dalam mengajar di kelas. RPP dibuat guru untuk membantu memudahkan proses mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang disajikan pada pertemuan tersebut. Lardi selaku narasumber membimbing peserta membuat RPP dan tampak antusias para peserta mengikuti arahan dan bimbingan dari narasumber.Selain penyusunan RPP, KKG PAIBP hari ini juga mengadakan sosialisasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). SKP merupakan rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang ASN. SKP memuat seluruh kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian,yang bersifat nyata dan dapat diukur
Sosialisasi penyusunan SKP di KKG PAIBP disajikan oleh Paryanti,yang telah mengikuti bimtek SKP. Penuh kesabaran narasumber membagikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi bapak/ibu guru PAIBP di Jatipurno. Penyusunan rencana harus dimatangkan awal periode agar capaian di akhir periode dapat tercapai optimal. Peningkatan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) baik CPNS, PNS, maupun PPPK secara terencana dan terarah dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kinerja, efektivitas pelaksanaan tugas, dan peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat. Untuk mendukung upaya perubahan dan perbaikan kualitas ASN tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Wonogiri melaksanakan penerapan sistem penilaian kinerja pegawai yang objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan dengan memperhatikan sasaran kerja, capaian hasil kerja, dan perilaku kerja pegawai. Acara berlanjut semakin komunikatif. Tampak beberapa peserta mengajukan tanggapan serta pertanyaan tentang pengisian penyusunan SKP. Setiap pertanyaan selalu ditanggapi dengan ramah dan terbuka oleh narasumber. Kegiatan ini diakhiri dengan praktik langsung pengisian SKP. Seluruh rangkaian acara berjalan lancar sehingga materi dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru semakin berprestasi dan optimal dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di negeri ini.